Mohon tunggu...
Muhammad Zulfadli
Muhammad Zulfadli Mohon Tunggu... Lainnya - Catatan Ringan

Pemula

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

SEA Games dan Kandasnya Cita-cita

8 Desember 2019   10:12 Diperbarui: 8 Desember 2019   10:32 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ganda Putra Eddy Hartono/Gunawan, Sumber : https://www.indosport.com/raket/20190628/

Sea Games ke XXX 2019 telah bergulir di Philipina, opening ceremony berlangsung pada 30 November 2019 dibuka langsung oleh Presiden Rodrigo Duterte, dan akan berakhir 11 Desember nanti. Negara republik kepulauan akan menjadi tuan rumah untuk kali keempat. Sebelumnya tahun 1981 dan 1991, dan pada 2005.

Buat kontingen Indonesia, selamat bertanding dan berjuang mengharumkan nama negara, 267 juta penduduk Indonesia akan selalu mendukung kalian.

****

Tiap kali pesta olahraga Asean ini dihelat, selalu mengingatkan tentang memori masa kecil saya yang bercita-cita menjadi atlet nasional (serius), yang dengan bangga bisa mewakili Indonesia di ajang multi event, mulai SEAG, Asian Games, bahkan Olimpiade.

Saya terobsesi menjadi anggota kontingen Indonesia yang dilepas Presiden Soeharto dalam upacara kenegaraan di Istana merdeka, dimana setiap atlet diabadikan wartawan Istana hormat dan mencium bendera merah putih.

Dan ketika balik ke tanah air, saya mendapatkan bonus ratusan juta hasil meraih medali. Sungguh cita-cita mulia sekaligus menggiurkan buat bocah yang nilai mata pelajaran olahraganya selalu mendapatkan nilai terbaik dibandingkan dengan mata pelaran lain tiap kali penerimaan lapor sekolah.

Ayahanda mengakui pengetahuan saya seputar dunia olahraga di atas rerata anak sebaya---saya dulu kerap membagi bacaan koran dengan ayah, dan rubrik olahraga adalah bagian saya-. Bahkan aspek olahraga saya melebihi guru olahraga saya sendiri.

Saya masih ingat ketika Pak Suardi, sang guru mata pelajaran Penjaskes menguji kami siswa kelas-V SD. Salah satu soal ujiannya di tahun 1992: Siapa pemegang rekor Asia lari 100 meter putra ?

Banyak jawaban siswa dibenarkan oleh guru karena menjawab Mardi Lestari, Sprinter Indonesia dengan catatan waktu 10, 20 detik (dicatat saat PON 1989). Padahal Pak Suardi dan teman-teman saya belum tahu bahwa rekor Mardi sudah dipertajam oleh pelari asal Qatar, Talal Mansoor, dengan waktu 10, 14 detik!

Rupanya sang guru tidak up to date dengan dunia olahraga, sedangkan saya selalu mencari tahu perkembangan terbaru dari persaingan dunia sport. Sumber pengetahuan saya waktu bocah : Tabloid Bola (masih sekali sepekan), dan rubrik Olahraga pada Harian Kompas. Siaran TV hanya ada TVRI, saya setia menunggu sebulan sekali program Arena & Juara, ada satu lagi dari Gelanggang ke Gelanggang.

Setamat dari SD, hasrat saya melanjutkan di sekolah khusus keolahragaan, yakni SMP/SMA Ragunan Jakarta. Saya merasa punya bakat dan potensi menjadi atlet bulu tangkis atau pesepak bola. Dua olahraga paling populer di tanah air. Awal dekade 90-an itu, saya terinspirasi dengan beberapa atlet dari kedua cabor tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun