Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Buku Jalan Pulang, Penerbit Gerbang Media, 2020

Menulis itu pekerjaan keabadian. Pramoedya Ananta Toer berkata:  'Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.' Lewat tulisan kita meninggalkan kisah dan cerita yang tak akan sirna.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tanam Sayur di Pekarangan Rumah, Solusi Tepat di Masa Pandemi

14 September 2021   20:58 Diperbarui: 14 September 2021   21:04 165 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tanam Sayur di Pekarangan Rumah, Solusi Tepat di Masa Pandemi
Foto.dok.pribadi

Menanam berbagai jenis sayuran di pekarangan rumah, menjadi daya tarik tersendiri bagi keluarga dan lingkungan sekitar. Banyak manfaat diperoleh misalnya, meringankan ekonomi rumah tangga

Sayuran untuk kebutuhan sehari-bisa diambil dari kebun sendiri. Salain itu, pekarangan rumah menjadi indah, tertata, sejuk dan indah dipandang mata.

Saya mengalaminya sendiri ketika saya pulang kampung halaman. Ada berbagai jenis sayur yang di tanam di sekitar rumah. Pemandangan yang indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi saya. Sesuatu yang sederhana tetapi punya mamfaat yang besar.

Mama bercerita bahwa selama ini, mereka makan sayur dari kebun sendiri. "Kami cukup beli beras saja, selebihnya kami ambil dari kebun sendir." Kata mama.

Foto.dok.pribadi
Foto.dok.pribadi
Hampir dua tahun kita hidup berdampingan dengan covid-19. Banyak orang kehilangan pekerjaan. Kegiatan masyarakat pun dibatasi, dan memaksa kita untuk lebih banyak diam di rumah. 

Bila kita tidak kreatif, maka pasti menjenuhkan. Di sisi lain, kebutuhan makan minum dalam keluarga harus terpenuhi, menjadikan kehidupan dalam keluarga terasa sulit.

Apa yang dilukan oleh mama di kampung, menjadi solusi tepat untuk membantu meringankan beban rumah tangga, dan menekan belanja kebutuhan dalam keluarga. 

Sayur, tomat, lombok, bisa diambil di kebun sendiri tanpa harus membelinya di pasar. Dengan itu, kita bisa menghemat dan menyisikan uang untuk kebutuhan yang lain.

Bayangkan bila semua keluarga melakukan hal yang sama maka, bisa dibayangkan berapa jumlah yang yang bisa disisihkan untuk kebutuhan lain.

Sebenarnya tidak sulit dan juga tidak butuh biaya besar untuk bercocok tanam di pekarangan rumah. Kunci dari semuanya adalah kemauan. Kita hanya butuh kemauan untuk memulai semuanya itu. Saya yakin bila ada kemauan pasti ada jalan.

Foto.dok.pribadi
Foto.dok.pribadi
Tantangan covid jangan sampai membuat kita mati langkah. Yang dibutuhkan adalah, kita harus mengubahnya menjadi peluang. Dengan bekerja di sekitar rumah, menjadikan kita sehat. Kita juga menghasilkan sayuran yang sehat, untuk keluarga kita sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan