Mohon tunggu...
Kris Fallo
Kris Fallo Mohon Tunggu... Pemulung Kata

Pemulung Kata

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Musuh Terbesar adalah Diri Sendiri

10 Juli 2020   05:48 Diperbarui: 10 Juli 2020   05:36 128 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Musuh Terbesar adalah Diri Sendiri
foto.dok.pribadi

Musuh terbesar yang harus dikalahkan adalah diri sendiri. Seorang pemenang adalah orang yang sanggup mengalahkan diri sendiri, sebelum mengalahkan orang lain.

Seruannya adalah 'Kalahkanlah dirimu sedemikian rupa sampai orang lain tidak sanggup mengalahkanmu'.

Bila seseorang tidak mau berubah menjadi lebih baik, sampai kapan pun ia akan terus begitu meski orang-orang di sekitarnya sudah bersusaha mendorongnya untuk berubah.

Jangan memaksakan pendapat bila bertentangan dengan kebenaran. Jangan pertahankan pendapat bila bertentangan dengan kepentingan bersama. Baik menurut kita belum tentu baik menurut orang lain. Bukalah diri untuk menerima masukan dari orang lain.

Ego sering membuat seseorang memilih untuk tetap pada pendiriannya, meskipun pendiriannya meski keliru. Bahkan tak sedikit orang yang menyerah dengan dirinya sendiri karena tak kuasa melawan dirinya.

Kita bukanlah aktor tunggal dalam panggung kehidupan ini. Sadarilah bahwa ada orang lain disekitar kita.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bukalah dirimu untuk orang lain, bukalah telingamu untuk mendengar masukan dari orang lain.

Hal kedua adalah kalahkanlah dirimu sebelum anda mengalahkan orang lain. Berjuanglah untuk mengalahkan diri sendiri sampai orang lain tak mampu mengalahkanmu.

Hal tersulit dalam hidup bukanlah melampaui orang lain tetapi melampaui ego dan diri kita sendiri.

Pagi yang dingin
Atambua, 10 Juli 2020
Rm. Kris Fallo, Pr

VIDEO PILIHAN