Mohon tunggu...
Crisdon Mayesa
Crisdon Mayesa Mohon Tunggu... mahasiswa

Menulis saat senggang

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

E-Sport, Hobi atau Profesi?

31 Juli 2019   14:42 Diperbarui: 31 Juli 2019   14:55 0 0 0 Mohon Tunggu...
E-Sport, Hobi atau Profesi?
cgmagonline.com

Kita sadar betapa teknologi sudah mempengaruhi hidup sehari-hari kita begitu besar dalam segala aspek. Salah satunya adalah olahraga

Memangnya olahraga bisa dilakukan online? Yah bisa saja, tapi bukan olahraga seperti basket, badminton namun lebih seperti catur. Lebih dikenal dengan sebutan E-sport (Electronic Sport).

Sekarang ini E-sport sudah sangat berkembang dari yang dulunya hanya game menjadi olahraga yang dianggap setara dengan olahraga pada umunya. Yang awalnya hanya bisa dimainkan lewat konsol khusus sekarang sudah bisa dimainkan di smartphone yang hampir semua orang punya.

Jadi, apa itu E-sport?

E-sport adalah game yang dimainkan secara kompetitif. Awalnya berawal dari hanya sekedar hobi lalu kompetisi mencari siapa yang terbaik. Tanpa sadar orang-orang sudah menjadikannya profesi dengan bayaran yang lumayan untuk sekedar melakukan hobi.

E-sport tidak menitikberatkan pada gerakan fisik, namun lebih ke strategi dan sifat kompetitifnya, jadi dibutuhkan latihan, kerja sama, dan fokus yang tinggi dalam E-sport. Hal tersebut menjadikan E-sport tempat yang baik untuk melatih sikap positif seperti itu. Karena sifat seperti itu E-sport disebut olahraga.

Tidak semua game bisa dijadikan E-sport, karena dalam E-sport dibutuhkan perilaku seperti olahraga pada umumnya. Sportivitas, kerja sama, dan juga strategi. Jika digambarkan mungkin seperti catur yang dimainkan oleh satu tim. Game berjenis MOBA, FPS, Battle Royale adalah jenis game yang paling sering diperlombakan.

Perkembangan E-sport

Perkembangan E-sport selalu mengikuti perkembangan teknologi.  Awalnya E-sport hanya diperlombakan lewat Platform seperti PC namun sekarang sudah bisa lewat smartphone juga. Setiap orang sudah sangat lengket dengan smartphone mereka. Pernah lihat anak SMP nongkrong di warung main Mobile Legend? Itu salah satu contoh betapa mudahnya mengakses E-sport sekarang ini, yang dulu hanya bisa lewat PC.

Perkembangan E-sport juga didukung dari pihak lain, dari perusahaan sampai pemerintah. Karena memang E-sport adalah tempat yang baik untuk promosi. Juga merupakan wadah pengembangan diri yang mudah diakses dengan teknologi sekarang ini. Tidak heran jika E-sport mendapatkan banyak respon positif dari banyak kalangan.

Turnamen E-sport

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x