Mohon tunggu...
Credentia Gisela
Credentia Gisela Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Sedang berada di semester tujuh dan sedang mencoba untuk tetap produktif. Sambil diikuti, sambil dilihat kontennya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Menganalisis BBC.com sebagai Contoh Jurnalisme Multimedia

14 September 2022   09:31 Diperbarui: 14 September 2022   09:42 183 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnalisme online dan jurnalisme multimedia adalah dua hal yang berbeda, namun dapat disandingkan. Situs berita online BBC.com akan menjadi contoh bagaimana jurnalisme online dan jurnalisme multimedia bekerja sama.

Jurnalisme Online

Segala bentuk aktivitas jurnalistik yang dilakukan dengan menggunakan basis internet disebut sebagai jurnalisme online (Widodo, 2020). Dalam penelitian berjudul Aplikasi Citizen Journalism di Era Konvergensi Media oleh Irawan (2014, dalam Puspita & Suciati), dijelaskan bahwa jurnalisme online adalah sebuah proses distribusi melalui internet yang mengandung laporan atau penyampaian fakta dan/atau informasi.

Sumber: disway.id
Sumber: disway.id

Irawan juga menyebutkan adanya tiga fase jurnalisme online di Indonesia. Fase pertama, memindahkan berita dari media cetak ke media online. Dimulai pada 1995, Republika.co.id menjadi pelopor penyajian berita di internet, yang kemudian disusul oleh Kompas.com. Waktu itu, pelaporan dan penyampaian berita belum real time.

Fase kedua, pelaporan yang mengejar kecepatan. Detik.com menjadi media berita yang memulai penyajian berita secara real time dan up to date pada tahun 1998. Berita yang ditampilkan menjadi segera dan berdekatan dengan waktu kejadian. Sejumlah media lain yang mengikuti jejak Detik.com antara lain Okezone.com (2007), Inilah.com (2008), dan Vivanews.com (2008, sekarang Viva.co.id).

Fase ketiga, multiplatform dan multimedia lewat data, visual interaktif, dan media sosial. Media online Tirto.id menjadi contoh penyampaian berita dalam bentuk infografis (meliputi data) dan visual yang interaktif. Selain itu, jurnalisme di fase ini mulai mengembangkan kolom opini di laman mereka.

Dalam jurnal Jurnalisme Era Digital: Digital Jurnalisme dan Profesionalitas Jurnalisme Online yang ditulis Muliawanti (2018), disampaikan bahwa traffic pengunjung media online sangat tinggi. Mojok.co meraih rata-rata 50.000 views per harinya dan pernah mencapai 400.000 views dalam satu hari hingga mendapatkan peringkat 317 media online nasional versi alexa.com. 

Tingginya minat audiens terhadap media sosial turut membuat banyak media online melibatkan media sosial sebagai media penyampaian berita, misalnya Facebook, Twitter, bahkan YouTube.

Jurnalisme Multimedia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan