Mohon tunggu...
Cyriko Takeda
Cyriko Takeda Mohon Tunggu... Editor - Penulis

Nothing special on me..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hari Guru 2022

25 November 2022   10:00 Diperbarui: 25 November 2022   10:11 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkenalkan aku adalah seorang guru. Guru bimbingan dan konseling lebih tepatnya. Aku bekerja di sekolah swasta Katolik terbaik di kota Sidoarjo. Aku menjalani profesi ini sudah hampir 6 tahun. Banyak sekali suka dan duka yang kurasakan selama menjadi guru. 

Oh ya pertama mungkin bisa aku ceritakan kenapa memilih profesi ini, karena mudah saja ketika menjadi guru kalian akan mempunyai hari libur yang sama dengan murid kalian. Meskipun mungkin bila dihitung dengan upah yang didapat masih terbilang jauh sekali dari UMR ya itu kekurangannya sih tapi tidak semua guru lo ya, karena ada beberapa sekolah dan yayasan yang juga memberikan lebih dari itu. 

Pastinya aku tidak mungkin bekerja sendiri di sekolah karena ada guru-guru lain yang bisa diajak bertukar pikiran, bekerjasama, dll. Mereka juga punya alasan tersendiri masing-masing mengapa memilih jalan hidup sebagai guru. Yang terpenting semua teman-teman guru di sini sungguh luar biasa baik dan mengagumkan. aku pribadi bangga dan bahagia punya teman-teman seperti mereka.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Setiap hari aku selalu bertemu dengan murid-murid yang luar biasa juga, apalagi aku guru BK jadi harus memahami pribadi masing-masing anak. Ada anak yang suka nya cari perhatian, suka goda temannya, suka baca buku, suka main hp di kelas saat pelajaran, jalan kemana-mana selalu dengan sahabatnya atau geng nya, pacaran sewaktu istirahat duduk berdua di depan kelas, suka ketawa kenceng banget, suka selfie, suka tebar pesona dan lain sebagainya. 

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Satu kata yang mungkin bisa aku ucapkan yaitu SERU. SERU menjadi GURU. Banyak yang bilang kalau jadi guru itu pasti awet muda karena selalu ketemu dengan anak-anak muda. Kami para guru lebih banyak menghabiskan waktu bersama mereka daripada kedua orang tua mereka di rumah, jadi kedekatan antar kami para guru dan murid pasti ada. Tapi kami juga tahu batasan untuk bertindak kapan saat jadi guru dan murid, kapan saat jadi teman cerita. Mereka pun tetap menghormati kami sebagai orang yang lebih tua daripada mereka.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Untuk hari ini Jumat, 25 November 2022 adalah hari semua guru. Aku sebagai guru mau mengucapkan tetap semangat buat kita guru karena dengan adanya kita tercipta pemimpin-pemimpin bangsa ini dan untuk guru-guru yang pernah mengajarku waktu di bangku sekolah, aku mengucapkan terima kasih atas didikannya hingga aku bisa sampai menjadi seperti sekarang ini. 

Tuhan memberkati.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun