Mohon tunggu...
Corry LauraJunita
Corry LauraJunita Mohon Tunggu... Tsundoku-Cat Slave

-

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Tips Investasi Emas dan Reksadana dengan Uang Receh

17 September 2020   14:38 Diperbarui: 17 September 2020   14:48 75 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Investasi Emas dan Reksadana dengan Uang Receh
Dokumentasi Pribadi | Tabungan Uang Recehan

Adakah yang suka mengumpulkan uang receh? Atau justru memandang remeh uang pecahan kecil tersebut?

Segini ini bisa buat apa?

Itu ucapan seorang pengamen kepada saya karena memberikan uang Rp.500,- padahal pada saat itu saya juga sedang kesulitan keuangan karena petshop tempat saya bekerja sedang kesulitan keuangan (Baca ceritanya di sini) . Ngomongnya sambil membanting uang tersebut di meja tempat saya makan lagi. Seolah-olah uang tersebut tidak bernilai.

Sering kali kita menganggap remeh terhadap uang receh. Uang logam pecahan 100 atau 200 yang terjatuh kadang dibiarkan saja. Uang logam pecahan 500 atau 1000an paling sering hanya dikumpulkan untuk diberikan ke Pak Ogah. Parkir di pinggir jalan juga minimal 2000 rupiah. Uang recehan terkadang hanya terkumpul di pojokan. Padahal uang yang nilainya kelihatan sepele ini bisa menjadi sangat bernilai jika kita tahu memaksimalkan potensinya.

Keping-keping receh yang dikumpulkan dengan tekun telah mampu membiayai orang-orang untuk berangkat umroh, membeli motor, hp, dan bahkan ada yang untuk biaya bersalin. Jadi, kenapa masih menyia-nyiakan uang receh anda? Saya sendiri sewaktu mahasiswa berhasil membeli lemari pakaian, modem, dan beberapa benda lainnya dengan mengumpulkan receh, karena ini sampai sekarang saya masih tekun mengumpulkannya.  

Mengumpulkan uang receh itu repot dan menuh-menuhin tempat

Mengumpulkan uang receh itu ga jelas hasilnya

Dikumpulin sih, buat jaga-jaga akhir bulan duitnya ga cukup sampai kiriman berikutnya (Nah, ini saya banget waktu mahasiswa).

Pernah dengar istilah the power of receh?

Iya, uang receh kita itu punya kekuatan besar, loh. Diatas telah disebutkan kalau uang receh yang dikumpulkan bertahun-tahun bisa membeli barang dengan nilai yang besar. Metode menabungnya biasanya cuma dikumpulkan dalam botol air mineral atau dalam celengan Nah, bagaimana kalau uang receh kita tidak hanya sekedar dikumpulkan saja tetapi kita maksimalkan agar nilainya bisa terus bertambah? Tentu nominalnya akan lebih banyak dibandingkan sekedar ditumpuk saja. Saya sebut namanya investasi receh. Kebetulan investasi sedang menjadi tren keuangan masa kini.

Uang receh memangnya bisa untuk investasi apa? Memangnya ada investasi yang bisa dilakukan dengan kepingan receh?

Jika saya membuka bagian komentar akun media sosial perencana keuangan, banyak yang bertanya caranya investasi bagi mahasiswa yang uangnya pas-pasan atau mengandalkan kiriman, atau ibu rumah tangga yang merasa biaya belanja bulanannya mepet, atau para pekerja dengan gaji UMR.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x