Mohon tunggu...
Corfina Capital
Corfina Capital Mohon Tunggu... Corfina adalah salah satu perusahaan kewirausahaan Penasehat Pengelolaan Keuangan dan Manajer Investasi di Indonesia. Kami terdiri dari kelompok yang unik dari setiap individu nya. Pendiri perusahaan kami adalah individu berpengalaman yang telah mengumpulkan pengalaman berharga dalam menjalankan perusahaan-perusahaan Indonesia yang besar serta bekerja untuk perusahaan multinasional besar.

Jika kamu tertarik, pastinya kamu belajar di beberapa akun kami yang lain Intstagram : https://www.instagram.com/corfina_capital/ Website : https://corfina.id/

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Bisa Hidup Tanpa Utang?

5 Desember 2019   16:00 Diperbarui: 5 Desember 2019   16:38 83 0 0 Mohon Tunggu...

Ayah saya dan saya berbicara tentang perputaran keuangannya baru-baru ini, dan salah satu hal yang dia katakan adalah dia sangat tidak suka berhutang.

Ayah saya bukan orang yang berada, dan dia tidak kaya. Dia memiliki penghasilan yang cukup untuk keluarga kecilnya, tapi dia  memiliki rumah yang dia beli sudah cukup lama dan bukan milik bank, tidak ada pinjaman pribadi atau KPR, tidak ada hutang kartu kredit.

Bebas dari beban hutang itu membuat hidupnya tenang, katanya. Beliau menasehati saya : lupakan tentang meminjam uang. Tetap bebas dari hutang dan hemat, dan kamu dapat menabung penghasilan bulananmu dan menjalani kehidupan yang bebas kredit.

Tapi terkadang kita kingin hidup tanpa utang. Lebih baik membeli seusatu menunggu samapi mampu bukan karena mau. Namun ada kalanya kita juga mencuri-curi menggunakan utang atau kartu kredit. asalkan behutang sesuai kemampuan. Bisa jadi orang yang saat ini menggunakan utang, bukan berarti mereka menjadi hina. Karena bisa saja mereka berhutang untuk hal-hal yang produktif.

Namun, bagi ayah saya, yang menjalani kehidupan yang sederhana tanpa terbebani dengan hutang itu akan lebih menyenangkan.

Berikut adalah beberapa ide untuk menjalani kehidupan yang bebas utang, jika itu menarik untuk diterapkan silakan diaplikasikan, jika tidak silakan diabaikan.

Simpan uang untuk dana darurat. Banyak orang menggunakan kartu kredit sebagai cadangan jika ada pengeluaran tak terduga. Jika kartu kredit yang digunakan untuk dana cadangan, maka hasil nya bukan berbentuk uang yang bisa kamu gunakan. Tapi kamu harus keluar uang untuk membayar utang yang menumpuk karena menggunakan kartu kredit.Daripada kartu kredit dijadikan andalan ketika ada hal yang tak terduga, lebih baik mengumpulkan uang dulu, baru digunakan untuk hal yang tak terduga.

Simpan uang untuk kebutuhan masa depan. Setelah Anda mendapatkan dana darurat yang mencukupi. Kamu bisa mulai menabung untuk hal-hal lain. Tetapkan tujuan tabungan untuk diri sendiri: apakah Anda ingin bepergian, atau membeli mobil, atau menabung untuk kuliah, atau merenovasi rumah, atau membeli kapal pesiar? Tentukan tujuan prioritas tertinggi Anda, dan tentukan berapa uang yang harus dikumpulkan. Dengan begitu jika kamu ingin membeli mobil , rumah dan lainnya tidak harus menggunakan fasilitas kredit. Lebih elegan jika kita mampu membelinya dengan tunai.

Tinggalkan bunga kredit. Masalah dengan utang atau kredit adalah Anda membuang-buang uang untuk membayar bunga. Itu menggerogoti keuangan Anda. Alih-alih merasa ringan membayar cicilan tapi jika dijumlahkan semua cicilanmu maka hasilnya lebih banyak bunga dibandingkan pokoknya. Apalagi kredit yang menerapkan bunga majemuk, bisa dikenal bunga yang dibungakan. Wahh super sekali bunganya.

Beli mobil secara tunai. Bagi mereka yang telah membeli kendaraan dengan kredit mobil seumur hidup, mungkin tampak mustahil untuk membeli mobil secara tunai. Tapi itu sangat mungkin, dan banyak orang melakukannya. Alih-alih melakukan pembayaran pinjaman, dan nyatanya membayar dua kali lipat harga mobil atau lebih selama jangka waktu pinjaman. Maka dari itu kita harus berhati-hati dengan jebakan kredit, atau pinjaman online yang suatu waktu bisa mencekik isi dompetmu.

Investasikan untuk masa pensiun. Ini hanya akal sehat, apa pun situasi kredit atau utang Anda, tetapi tanpa berutang, lebih masuk akal jika uangnya untuk mempercepat investasi pensiunmu (sebagai salah satu tujuan tabungan Anda). Maka kamu dapat pensiun dini, dan berterima kasih karena jika kamu tidak berhutang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x