Mohon tunggu...
Namin AB Ibnu Solihin
Namin AB Ibnu Solihin Mohon Tunggu... profesional -

Pengagas Sekolah Akhlak, Educator, Blogger, Motivator & Trainer Pendidikan, Principal dan Sekjen Komunitas Sejuta Guru NgeBlog. Yuk silaturahim ke blog saya http://motivatorkreatif.wordpress.com atau www.guruberakhlak.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jadilah Guru Inspiratif dengan Menulis

10 November 2014   20:19 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:09 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
jadilah guru inspiratif dengan menulis

Saya adalah seorang guru yang saat ini diberikan  tugas tambahan sebagai kepala sekolah di sebuah  SD Swasta di Kabupaten Bogor. Menjadi guru adalah profesi yang sangat saya cintai dan merupakan mimpi saya sejak kecil, oleh sebab itu saya terus berusaha untuk bisa menjadi guru yang menginspirasi murid-murid saya. Untuk mewujudkan mimpi  menjadi guru inspiratif sampai dengan saat ini saya terus belajar dengan banyak guru-guru hebat di seluruh Indonesia, aktivitas meningkatkan kualitas diri ini saya lakukan bukan hanya pada dunia nyata tapi juga lewat dunia online.

Saya pun bermimpi bisa menjadi guru inspiratif bagi banyak orang, terutama bagi murid-murid, orang tua murid dan rekan-rekan guru. Menulis adalah salah satu cara yang saya lakukan untuk menjadi guru inspiratif, berikut ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana saya mewujudkan mimpi menjadi guru inspiratif lewat menulis. "Jadilah Guru Inspiratif Dengan Menulis" itulah sebuah mantra penyemangat yang ingin saya bagi kepada guru-guru hebat di seluruh Indonesia.

Berikut ini Tips cara saya belajar menulis kemudian  saya memberanikan diri untuk menerbitkan buku sendiri, semoga bisa memotivasi dan menginspiasi.

10 Tips menulis ala Guru Inspiratif

1. Perbanyaklah membaca buku

Beberapa tahun yang lalu ada 2 buah buku inspiratif yang sangat saya sukai yang akhirnya mengantarkan saya terus belajar menulis sampai dengan hari ini. yaitu buku "Ketika Cinta Bertasbih" dan "Laskar Pelangi"  dua buku inilah yang telah mengantarkan saya kini mengoleksi ratusan buku. Dari dua buku ini pula kemudian saya akhirnya hobi membaca, sehingga mewajibkan diri saya untuk mebeli minimal 1 buku dalam sebulan.

Untuk bisa menulis menurut pengalaman saya langkah awal yang bisa dilakukan "tumbuhkanlah cinta" pada kegitan membeli dan membaca buku, ingat tidak semua buku harus kita beli dan baca, berdasarkan pengalaman, saya hanya membeli buku yang sesuai dengan "Passion" saya. Jadi untuk Guru di seluruh Indonesia, yuk baca buku dulu sebelum menulis, agar kita bisa mendapatkan inspirasi dan kosa kata yang lebih banyak untuk menuangkan ide-ide menulis kita.

2. Berapa banyak buku yang anda miliki di rumah?

Kegiatan menulis tidak langsung hadir begitu saja pada diri saya, proses mebeli dan membaca buku tentu yang paling utama yang saya lakukan. Buat saya menginvestasikan uang untuk membeli buku minimal 100 ribu rupiah setiap bulan tidaklah rugi, walau gaji saya sebagai guru tidak terlalu besar. bagi saya buku adalah barang yang sangat berharga sekaligus warisan yang sangat istinewa bagi putra-putri saya, apalagi kalau buku itu hasil karya kita sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun