Mohon tunggu...
Siwi
Siwi Mohon Tunggu... Software engineer

Each time I write a page, then I am a writer.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Sederhana Bahagia

20 November 2019   21:05 Diperbarui: 20 November 2019   21:14 43 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sederhana Bahagia
capture-header-jpg-5dd54a99097f366c82108bc2.jpg

Saya termasuk orang yang sedikit terlambat memperbarui informasi. Oleh karena itu, meskipun sedari dulu BCA punya aplikasi mobile banking, saya belum tertarik untuk menggunakannya. Sampai beberapa saat lalu aplikasi andalan saya hanya Internet Banking. Saya pun merasa belum ada diferensiasi yang signifikan antara Internet Banking dan Mobile Banking. Tidak ada tambahan fitur dan kemudahan lebih dari aplikasi tersebut, selain tidak diperlukannya hardware token untuk bertransaksi layaknya di Internet Banking.

Tapi semua itu berubah semenjak negara api menyerang, semenjak saya melihat seorang kolega kantor yang dompetnya ketinggalan di rumah. Yang aneh, saya tidak melihat raut wajah khawatir sedikitpun padanya. Saya sempat bertanya apakah dia mau pinjam uang untuk beli makan siang atau sekadar jaga-jaga? Dia bilang tidak perlu, karena dia punya aplikasi BCA Mobile yang memiliki fitur tarik tunai tanpa kartu. Heh??!! Bagaimana bisa ada fitur semenarik ini dan saya tidak tau. Dari situ saya bertanya-tanya lebih banyak ke dia tentang perkembangan fitur-fitur terbaru lain yang ada di BCA Mobile, termasuk bagaimana cara daftarnya.

Untuk mendapatkan fasilitas BCA Mobile sangat mudah. Kita tinggal mendaftar melalui mesin ATM terdekat. Pilih menu Daftar E-Banking, kemudian lanjut pilih menu Mobile Banking. Selanjutnya kita akan diminta memasukkan nomer ponsel dan mobile PIN. That's it.

Tapi, ini baru sebatas mengaktifkan fitur non finansial ya. Artinya kita baru memiliki akses terhadap fitur-fitur yang sifatnya informasi saja, seperti cek saldo dan mutasi. Untuk mengaktifkan fitur finansial kita bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat. Dengan sedemikian banyak dan tersebarnya kantor cabang BCA, rasanya ini tidak menyulitkan. Kita bisa memanfaatkan waktu istirahat kerja. Apalagi prosesnya sangat cepat, kemarin saya hanya menghabiskan waktu tidak sampai 10 menit.

Apa saja syaratnya? Kita hanya perlu membawa kartu ATM, buku tabungan, dan kartu identitas. Beberapa fitur yang unik dan terlihat unggul dibanding yang lain diantaranya ada keyboard BCA dan tarik tunai tanpa kartu.

Lha, apa lagi itu keyboard BCA? Jadi gini, misal kita sedang chatting dengan teman atau saudara akan kita transfer, kemudian dia memberikan nomer rekening BCAnya. Maka kita bisa melakukan proses transfer itu tanpa meninggalkan aplikasi chatting. Cukup pilih atau aktifkan keyboard BCA, maka kita langsung bisa melakukan transfer melalui menu yang tersedia di sana. Tidak perlu lagi bergonta ganti dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Canggih.

Keyboard BCA
Keyboard BCA

Berikutnya fitur tarik tunai tanpa kartu. Memang sekarang jamannya cashless, frekuensi tarik tunai saya pun sudah jauh berkurang. Tapi saya mengalami sendiri pengalaman betapa uang tunai masih kita butuhkan, dan bisa tarik tunai tanpa kartu itu sangat menyenangkan. Begini ceritanya.

Beberapa minggu yang lalu saya pergi kondangan naik motor ke daerah x. Daerah ini dekat dengan pertambangan minyak besar, berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Bahkan beberapa wilayahnya ada yang "menyeberang" ke wilayah Jawa Tengah. Meski tak semasif dulu, beberapa warganya masih ada yang melakukan penambangan dengan cara tradisional. Jejak penambangan masih bisa dilihat di sisi kiri dan kanan sepanjang perjalanan. Daerahnya cukup terpencil di pegunungan. Hanya ada satu minimarket dan mesin ATM di pusat kecamatannya.

Dari Surabaya saya merasa sudah membawa semuanya, seperti dompet, uang tunai dan amplop untuk diberikan ke pengantin. Karena sangat haus setelah perjalanan cukup jauh, saya memutuskan berhenti di minimarket. Ya sekalian deh, minta ijin ke toilet dan merapikan baju.

Baju sudah rapi, air mineral sudah di tangan. Tangan merogoh tas kecil. Daann..alhamdulillah dompet tidak ada di sana. Dieeng!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x