Mohon tunggu...
citra riana
citra riana Mohon Tunggu...

Sangat suka menjelajah.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Bayi atau Balita Lebih Baik Duduk di Kursi Terpisah saat di Pesawat?

11 Maret 2017   14:38 Diperbarui: 11 Maret 2017   14:55 0 1 0 Mohon Tunggu...

Memiliki seorang buah hati tentu merupakan kabar yang sangat menggembirakan. Apalagi, kini anda bersama dengan pasangan bisa memiliki tambahan anggota saat pergi berwisata lagi, yaitu anak anda. Tentu saja, pengalaman berwisata pun semakin berkesan dan penuh canda tawa riang gembira. Namun, membawa seorang anak kecil, utamanya yang masih bayi dan balita, pasti akan menjadi sebuah tantangan tersendiri. 

Banyak wisatawan yang jarang memesan kursi tambahan untuk anak mereka, dan memangku bayi atau balita-nya diatas pangkuan saat berada didalam pesawat. Memang benar, dengan cara memangku tersebut, wisatawan tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli tambahan tiket pesawat bagi buah hati mereka. Sebenarnya, apakah cara ini sudah merupakan terbaik dan tidak masalah untuk keselamatan dan kenyamanan buah hati maupun wisatawan atau orang tua sendiri? 

Bayi atau balita lebih baik duduk di kursi terpisah?

Kenyataannya, sebuah studi dari Cleveland mengungkapkan bahwa kebiasaan untuk meletakkan buah hati diatas pangkuan saat berada dalam pesawat terbang bisa membahayakan. Kebijakan pesawat terbang sendiri biasanya memperbolehkan para orang tua untuk menggendong atau memangku anak mereka hingga usia 2 tahun. 

Berdasarkan penelitian dari MedAire, umumnya musibah-musibah yang akan dihadapi oleh para balita ini adalah tak sengaja terkena air panas, bahkan sampai terjatuh karena turbulensi pesawat. Tentu saja, musibah-musibah ini bisa membahayakan para balita sendiri, terlebih karena usianya yang masih kecil, dan didalam pesawat pun ruang geraknya terbatas. 

Belum lagi tambahan jika jarak penerbangan cukup jauh. Tentu orang tua sendiri akan merasa pegal-pegal dibadan saat memangku anak. Anak pun jadi kurang nyaman karena terus menerus berada di pangkuan yang sempit dan tak dapat bergerak. Memang benar menghemat, namun sesampai ditempat tujuan, bukannya travelling, namun badan anda akan sakit semua.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memesan kursi tambahan khusus untuk buah hati anda. Selain rasanya lebih lega, buah hati pun akan lebih mudah untuk dirawat / ditenangkan. Anda juga bisa bergantian dengan pasangan untuk mengawasi buah hati. Balita anda bisa duduk di kursi tengah, sementara para orang tua mengapitnya. Jadi, anda pun juga bisa menikmati penerbangan dan beristirahat yang nyaman sebelum akhirnya memulai petualangan pariwisata bersama-sama.