Mohon tunggu...
Marlistya Citraningrum
Marlistya Citraningrum Mohon Tunggu... Pekerja Millennial

Biasa disapa Citra. Foto dan tulisannya emang agak serius sih ya. Semua foto yang digunakan adalah koleksi pribadi, kecuali bila disebutkan sumbernya. Akun Twitter dan Instagramnya di @mcitraningrum. Kontak: m.citraningrum@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Melihat Kejayaan Negeri Bollywood

24 Agustus 2017   21:49 Diperbarui: 25 Agustus 2017   18:42 3219 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Kejayaan Negeri Bollywood
Si ganteng SRK (kredit foto: Getty Images)

Suatu hari Shah Rukh Khan (SRK) diundang untuk berbicara di TED Conference. Jika SRK sangat terkenal di Indonesia (setidaknya untuk mereka yang kira-kira usianya tak jauh dari saya atau lebih tua, hehe), maka tidak demikian adanya dengan para audiens TED waktu itu. SRK dengan rendah hati (dan sekaligus pede) mengatakan, "I've also been made to understand there are lots of you here who haven't seen my work, and I feel really sad for you."

Audiens tertawa dan memberinya tepuk tangan meriah.

SRK adalah sedikit dari sekian banyak pemain peran dan bintang di Bollywood yang layak disebut ikon. Siapa yang tak ingat Kuch Kuch Hota Hai, Mohabbatein, dan My Name is Khan? Sejak aktif dari tahun 1988 hingga sekarang, SRK tetap merupakan figur yang berpengaruh dan diingat orang di dunia Bollywood, bahkan di dunia. SRK sering sekali disebut sebagai salah satu figur India yang paling dikenal dunia.

India Punya Seribu Cerita

Bicara Bollywood, India punya banyak sekali cerita dan pemain peran yang berbakat. Selain SRK, saya punya Khan lain yang menjadi favorit: Aamir Khan. Sebagai produser sekaligus aktor, film dan peran yang dimainkannya sungguh membuat geleng-geleng kepala. Dari mana dia bisa mendapat ide film tersebut, bagaimana dia bisa berperan dengan begitu bagusnya? Dan mengapa India ini begitu sukses dan masif "menyerbu" dunia dengan film-film Bollywood-nya?

Tak hanya film, India juga merupakan negara yang disegani di bidang IT. Banyak sekali orang India yang menjadi ahli IT, menawarkan bisnis IT, hingga menjadi bagian dari business process outsourcing

Saking suka dan besarnya potensi India di bidang IT, perdana menteri Narenda Modi sampai mendeklarasikan Digital India di tahun 2015. Kampanye ini terfokus pada meningkatkan layanan masyarakat melalui internet, meningkatkan ketersambungan, dan mendorong India menjadi negara yang kuat di bidang teknologi informasi.

Semangat membara di urusan "duniawi" ini tak lantas membuat India melupakan urusan lain. Misi Chandrayaan-2 dijadwalkan akan diluncurkan awal tahun 2018, setelah Chandrayaan-1 berhasil mengorbit bulan. India sudah mau dua kali ke luar angkasa, man.

Bentar, masih ada lagi.....

Modi vs Merkel

India ini negara yang sebenarnya punya kemiripan dengan Indonesia. Iklim tropis nyrempet, punya area luas, punya penduduk banyak (India sampai milyaran sih). Sebagai negara berkembang, tantangannya pun mirip-mirip: peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia, peningkatan pertumbuhan ekonomi, juga persoalan infrastruktur dan akses energi. Yang terakhir ini angkanya cukup fantastis jika dibandingkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x