Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulis dan Proses "Interseksi Hobi", Solusi Mencerdaskan Pikiran dan Hati Suami-Istri

19 September 2022   08:10 Diperbarui: 19 September 2022   08:11 144 44 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: https://kreativv.com

Suami dan istri memang terlahir berbeda. Keberhasilan membangun rumah tangga, tentunya bukan keberhasilan menghilangkan perbedaan-perbedaan yang ada. 

Namun, kecerdasan suami dan istri dalam mengelola perbedaan. Demikian juga tentang hobi. Tentu hobi tidak bisa sama antara suami dengan istri. Maka tugas suami dan istri harus menemukan "interseksi hobi" yaitu mencari titik temu hobi di tengah perbedaan yang ada. 

Sebab dari seratus perbedaan hobi masing-masing, pasti ada titik temu yang bisa menyatukan. Jika tidak ada betul, maka perlu dicari konsep "take and give" yaitu bagaimana bisa saling melengkapi di tengah perbedaan hobi yang dimiliki.

Interseksi dalam kajian sosiologi merupakan proses sosial untuk mendapat kesamaan di tengah perbedaan identitas social yang ada. Dengan kata lain ada "irisan" yang dapat dijadikan penyatu dari unsur-unsur yang berbeda. 

Maka yang dimaksud "interseksi hobi" dalam tulisan ini adalah proses yang dialami atau dilakukan untuk memperoleh titik temu tentang hobi suami-istri yang berbeda agar dapat disinergikan dalam suatu aktivitas yang lebih bermanfaat.

Langkah-langkah mencari titik temu

a) Identifikasi hobi

Melakukan identifikasi hobi pasangan kiranya perlu dilakukan. Tujuannya agar dapat ditemukan mana-mana hobi yang ada kemiripan. Biasanya kalau ada yang mirip-mirip mudah untuk disatukan.

b) Menentukan opsi

Setelah diketahui ada yang mirip-mirip perlu dilakukan opsi yang bisa disepakati berdua. Opsi ini perlu dilakukan sebagai upaya mencari titik temu agar hobi yang beda bisa disalurkan dengan saling memberikan dukungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan