Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Menggali 4 Nilai Utama Kegiatan Purna Siswa KB/TK

24 Juni 2022   07:25 Diperbarui: 25 Juni 2022   06:58 395 80 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menjadi HOST dalam kegiatan Purna Siswa KB/TK: Upaya melatih kemampuan Bahasa ekspresif. (dok: TKIT Eresha)

Pendidikan Anak Usia Dini (Kelompok Bermain dan TK) merupakan pondasi pertama dan utama penanaman nilai-nilai kehidupan. Pondasi pertama karena pada diri mereka menerima asupan nilai-nilai kehidupan pada jenjang awal (PAUD).

Pondasi utama karena usia mereka masih dalam kondisi gold mind. Sehingga semua proses tranformasi yang dilakukan sekolah akan menjadi jembatan emas untuk melejitkan potensinya di usia-usia berikutnya.

Mengingat proses belajar mereka dominan pada bermain sambil belajar, maka tugas guru mempunyai tantangan bagaimana menjadikan bermain sebagai sarana melakukan proses transformasi nilai kehidupan sesuai kurikulum yang sudah dirancang. Sehingga sekolah juga mempunyai peran penting agar dapat memberikan ruang bagi peserta didiknya menunjukkan tingkat perkembangan kompetensinya.

Oleh sebab itu, sekolah PAUD selain memberikan laporan pendidikan secara periodik (per semester) perlu juga dirancang kegiatan yang bisa dijadikan sebagai testimoni dan unjuk keberhasilan sekolah dalam mendampingi proses pembelajaran selama satu tahun. Salah satunya adalah kegiatan akhirussanah /purna siswa/pelepasan siswa.

Maka sekolah KB/TK perlu mendesaian kegiatan tersebut agar dapat menjadi testimoni dan cermin keberhasilan maupun keunggulan proses pembelajaran sekolah tersebut.

Berikut menggali 4 nilai kegiatan purna siswa anak-anak PAUD:

1) Nilai Agama dan Moral

Nilai agama dan moral menjadi landasan awal pembentukan kepribadian setiap manusia. Sebab dengan nilai dan moralitas yang baik individu mempunyai harkat dan martabat yang hakiki sebagai makhluk ciptaan yang paling sempurna. Sehingga nilai kemanusiaannya sangat tergantung pada nilai agama dan moralitas yang dipahami dan diamalkan.

Proses demikian secara maksimal idealnya dijalankankan di sekolah pada anak usia dini. Sebab dengan maksimalnya proses penanaman nilai agama dan moralitas sejak usia dini, diharapkan pada proses lebih lanjutnya akan lebih maksimal.

Oleh sebab itu dalam acara purna siswa, agar orang tua mengetahui proses penanaman nilai agama dan moral kiranya perlu dirancang dan ditampilkan dalam kegiatan purna siswa.

KBIT/TKIT Eresha Magelang sedang melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an pada Kegiatan Purna Siswa (dok: TKITEresha)
KBIT/TKIT Eresha Magelang sedang melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an pada Kegiatan Purna Siswa (dok: TKITEresha)

2) Pengembangan Kognitif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan