Mohon tunggu...
Cintria JuliartiPrastuti
Cintria JuliartiPrastuti Mohon Tunggu... Ahli Gizi - HISDGCHDS

DNCJNBDNCIA

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Komposisi Nutriflakes Sereal Herbal, Solusi Masalah Lambung

28 Juli 2021   15:34 Diperbarui: 28 Juli 2021   15:41 490 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu, hallo selama pagi, siang, sore, malam untuk semua teman-teman yang beruntung membaca artikel ini. 

Bagaiamana kabar teman-teman semua? Saya doakan baik-baik saja ya aamiinn. 

PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat udah level 4 aja nih guys yang diberlakukan dari tanggal 26 Juli sampai tanggal 2 Agustus. Hmmm sebetulnya kegiatan ini untuk menyelamatkan para warganya ya teman-teman. tapi dilain itu juga banyak yang butuh kerja untuk menghasilkan uang agar dapat bertahan hidup. 

Pokoknya teman-teman tetap jaga kesehatan, perbanyak minum vitamin, dan makan yang teratur. Kalau makan tidak teratur nanti takutnya akan menjadi penyakit lain seperti magh atau asam lambung. Sekarang aku sedang merasakan sakit asam lambung. Melansir dr American Academy of Allegy Asthma and Immunology, ada tanda-tanda yang menjadi ciri-ciri asam lambung naik yaitu mudah kenyang, lebih seriung bersendawa, sakit tenggorokan, mual, muntah, produksi air liur lebih banyak, bau mulut dan mengalami batuk tanpa dahak. 

Untuk teman-teman yang mungkin merasakan hal seperti yang sudah dijelaskan boleh banget periksa ke dokter agar tidak menafsir sendiri ya, untuk kemanan dan kenyamanan teman-teman semua juga kok. Aku juga sudah kedokter terdekat dirumahku, aku menyebutkan apa-apa saja yang aku rasakan dan alami ke dokter. Dokter menjelaskan bahwa aku memiliki asam lambung.

Gak lupa aku Tanya apa sih yang menyebabkan asam lambung pada seseorang, dokter menjawab bahwa yang menyebabkan asam lambung pada seseorang adalah melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau Lower Esophageal Sphincter (LES). Otot tersebut memiliki bentuk seperti cincin yang bisa membuka dan menutup saluran kerongkongan pada seseorang. 

Seperti pada saat makan, otot LES akan mengendur sehingga makanan dapat masuk dari kerongkongan lalu masuk kedalam lambung. Lalu setelah makanan turun kelambung, otot LES akan menengang dan menutup. Namun ada beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan otot LES melemah kata dokter seperti obesitas, kehamilan, usia lanjut, gastroparesis atau melemahnya otot dinding lambung sehingga pengosongan lambung melambat, scleroderma yaitu suatu penyakit pada jaringan ikat, hernia hiatus atau bisa diblang yaitu bagian lambung kerongga dada. 

Nah itu guys kenapa seseorang punya penyakit asam lambung. Dokterku juga menambahkan kalau asam lambung dibiarkan saja dan tidak diobati ternyata bisa menyebabkan peradangan, terbentuknya jaringan parut, dan pertumbuhan jaringan abnormal lainnya dikerongkongan. 

Hal tersebut mengakibatkan kerongkongan bisa lebih sempit dan kaku. Hal itu membuat penderita susah menelan makanan, minuman, dan bisa juga sesak untuk bernafas. Teman-teman jika kondisi seperti ini berlangsung dan berkepanjangan bisa menyebabkan malnutrisi dan dehidrasi bagi para penderitanya.

Asam lambung membuat ibuku kasian sama aku guys, iya dong mana ada ibu yang gak kasian kalau anaknya sakit. Ibuku menyarankan untuk minum madu yang katanya bisa meredakan sakit lambung. Madu yang dikasih oleh ibuku sudah aku minum dalam 1 bulan, dan oke asam lambungku sedikit mereda, tapi hanya sesaat.

Ibuku akhirnya menambahkan lagi sesuatu untuk asam lambungku yaitu berbentuk sereal. Hah? Sereal? Beneran tuh bisa sembuhin asam lambung? Sereal apasih itu? Aku ragu banget dan ga yakin apa iya sih sereal  bisa menyembuhkan penyakit asam lambung?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan