Mohon tunggu...
Cindy
Cindy Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa

Terima kasih atas berkunjung ke profile saya!!!

Selanjutnya

Tutup

Music

Bagaimana Blackpink Menjadi Grup Band K-Pop?

20 Desember 2020   20:08 Diperbarui: 20 Desember 2020   20:33 413
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Blackpink untuk menjadi salah satu girl band terbesar di dunia hanya memakai waktu empat tahun, dengan beranggota Jennie, Jisoo, Rosé dan Lisa terus memecah rekor baru dan menempa landasan baru. 

Blackpink adalah K-pop yang pertama kali bermain di Coachella dan mencapai penayangan di Youtube lebih dari 1 milliar, sekarang Blackpink adalah grup yang paling berlangganan musik di platform dengan menjadi grup band yang pertama kali dari negara manapun yang menampilkan di Forbed Asia.

Di tahun 2019 Blackpink telah memecah tiga rekor di Dunia Guinness dengan Lagu "Kill This Love"yang telah memutarkan lebih dari 312 juta kali di Spotify dan lebih dari 824 juta yang ditayang di Youtube, hanya sebagian dari miliaran aliran, unduhan, penayangan, dan mengikut kuartet tersebut. 

Pada tahun yang sama blackpink juga melakukan yang sangat banyak sukses secara finansial tur konser oleh grup wanita korea. Blackpink menjadi perlengkapan barisan depan ditunjukan landasan pacu dan sajah dari merek besar seperti Channel, Louis Vuitton,Dior, Puma dan lain sebagainya.

Dok. YG Entertainment
Dok. YG Entertainment
Generasi baru

Blackpink sebagai grup bandpertama dalam 7 tahun dari YG Entertainment (rumah bagi legenda K-pop Bigbang, 2NE1 dan sebelumnya, Psy), Blackpink debut pada Agustus 2016. Bllackpink beranggotakan empat orang yang dicintai dan Blackpink diharapkan menghidupkan kembali suara pop EDM yang berani yang mereka wujudkan. Debut Blackpink, Square One, adalah sukses besar dalam semalam, membangun terus-menerus "Whistle"Dan paduan suara yang sombong di"Boombayah” Membuat pengantar yang singkat tapi mendebarkan.

Pada November 2016, album single kedua Square Two menampilkan pop banger (“Playing With Fire”), Versi akustik dari“ Whistle ”dan“Stay”, Lagu yang mempengaruhi negara yang memungkinkan mereka melenturkan sayap vokal mereka dari konsep 'girl crush' mereka.

Meskipun dijuluki 'the new 2NE1' selama hari-hari rookie mereka, menonton beberapa penampilan pertama mereka Variety Korea pertunjukan membawa fokus tidak hanya kehadiran Blackpink yang menghibur secara kacau tetapi juga tekad dengan mengukir identitas mereka sendiri. Penyanyi Jisoo telah menjadi wajah merek kecantikan Kiss Me dan Dior,rapper dan vokalis Jennie telah berkembang sebagai solo dan pemberi pengaruh yang sangat kuat, Lahir di Selandia Baru Rose Vokal khasnya telah melihatnya di hits untuk G-Dragon, sementara rapper dan penari kelahiran Thailand Lisa adalah paling banyak yang diikuti Bintang K-pop di Instagram.

Dok. YG Entertainment
Dok. YG Entertainment
The Blinks

Avril, Blink berusia 16 tahun (nama fandom Blackpink) dari Peru menemukan mereka pada tahun 2018. "Segala sesuatu tentang mereka membuat saya menjadi penggemar," katanya kepada Vogue melalui Twitter. “Cara mereka tampil, lagu dan koreografi ikonik mereka, persahabatan mereka, bahkan cara mereka berpakaian. Blackpink ada berada di level yang benar-benar baru. ” Sementara itu, McElvin, seorang penggemar K-pop berusia 22 tahun di Filipina, sudah bergabung bahkan sebelum debut mereka. “Blackpink memiliki perasaan karismatik yang menarik,” jelasnya melalui Twitter. “Itu adalah visualisasi dari bakat dan energi murni yang harus dimiliki oleh grup band K-pop. Itu adalah paket lengkap untuk saya. "

Visi lama K-pop sebagai dunia fantasi yang sangat apik diciptakan oleh tiga label - YG Entertainment, JYP Entertainment dan SM Entertainment. YG terkenal dengan visualnya yang maksimal dan suara yang berat dan ramah club yang dibuat oleh penulis / produser in-house Teddy Park  orang di balik beberapa hit K-pop terbesar dan paling menarik. Pada Blackpink's 2018 “Ddu-du-ddu-du”semua elemen ini disejajarkan untuk menghasilkan paket pop yang menarik.

Ally yang berusia sembilan belas tahun (bukan nama sebenarnya), seorang warga Singapura yang memiliki akun penggemar yang cukup besar Indonesia menyebut "Ddu-du-ddu-du" "terobosan total mereka". Keberhasilan terletak pada refrain tituler yang menarik, tarian pistol jari yang mengesankan, dan video yang sangat berlebihan, tetapi juga di Blackpink sendiri sebagai aspiratif tetapi dapat ditiru, secara estetika ganas tetapi tidak mengintimidasi, mematikan di atas panggung tetapi menggemaskan. EP empat lagu, Square Up, akan pergi platinum di Korea Selatan, "Ddu-du-ddu-du" akan mencapai emas di AS, menjadi yang pertama miliar tampilan video, dan "Kill This Love" Akan membuat mereka menjadi girl grup Korea pertama yang memasuki chart single Inggris.

Dok. YG Entertainment
Dok. YG Entertainment
Fashion FROW

Seperti banyak musik sukses, Blackpink memahami kekuatan dalam mengawinkan dunia musik dan fashion. Pemahaman bawaan mereka tentang gaya telah membuat mereka menjadi properti panas, dengan para gadis sekarang menjadi perlengkapan FROW di Fashion Week. Pada bulan September 2019, Jisoo mampir ke London untuk membeli Burberry, sementara Rosé kagum Saint Laurent (dan juga diminta oleh Anthony Vaccarello untuk menjadi duta merek). Sementara itu, Jennie menemukan dirinya di samping Cardi B di Chanel, untuk siapa dia juga Brand Ambassador.

Pada bulan Februari 2020, Lisa saat ini menjadi inspirasi untuk Celine Hedi Slimane melakukan perjalanan ke Milan untuk Musim gugur / musim dingin Prada 2020. Mengingat kekuatan penjualan mereka yang terbukti majalah melaporkan perlu mencetak empat kali lipat untuk memenuhi permintaan, tur mereka terjual habis dalam hitungan detik hubungan antara band dan rumah fashion terkemuka akan terus berkembang.

Dok. YG Entertainment
Dok. YG Entertainment
Rencana global

Blackpink menandatangani kontrak dengan Interscope Records yang berbasis di AS pada akhir tahun 2018, permainan langsung untuk pasar Amerika dan sesuatu yang belum pernah dicoba oleh grup band Korea Selatan sejak Girls Generation pada tahun 2012. Terlepas dari keahlian dan pengalaman mereka, penampilan Blackpink pada bulan Februari 2019 yang canggung dan lesu di Good Morning America dan The Late Show dengan Stephen Colbert disorot secara luas. Tapi di depan penonton yang sangat banyak, kebanyakan K-pop tidak sadar di Coachella, universalitas lagu-lagu grup berkembang, mendapatkan sambutan hangat. Titik tertinggi adalah "Kill This Love”, Judul single dari EP baru mereka.

"Kill This Love" akan menduduki peringkat 40 teratas di Inggris dan 50 teratas di AS, menjadikan Blackpink dan BTS satu-satunya grup K-pop Korea Selatan yang berdampak pada tangga lagu single yang sulit dijangkau ini. Akan selalu ada orang-orang yang meremehkan K-pop karena alasan seperti kendala bahasa, namun selama beberapa dekade, penonton yang tidak berbahasa Korea telah terhubung dengan cara yang berarti ke lagu-lagunya, dan Blackpink tidak terkecuali. “Mereka memiliki [lagu] yang dapat membuat Anda sentimental, lagu untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda, Anda benar-benar dapat menarikan semua kesedihan hanya dengan mendengarkannya," kata McElvin, sementara Sansi, seorang French Blink berusia 18 tahun, menjelaskan lagu mereka melalui email sebagai “perpaduan antara sedih dan gembira. Blackpink menaruh begitu banyak cinta pada semua yang mereka lakukan, energi dan aura positif mereka begitu kuat. "

Jarang sekali para anggota tidak sibuk, bahkan ketika tidak ada rilis untuk dipromosikan. Mereka sering beralih ke Instagram untuk berkomunikasi dengan 128 juta pengikut gabungan mereka (termasuk akun utama Blackpink), dan telah berfokus pada memperkuat status A-list mereka sebagai ikon fashion (seperti kolaborasi Jennie baru-baru ini dengan merek kacamata mewah Gentle Monster), mentor industri. dan ratu viral yang tidak disengaja (tugas Lisa di acara bertahan hidup Youth With You and her video kinerja yang menjadi Apa itu bekerja? meme).

Dok. YG Entertainment
Dok. YG Entertainment
Musik baru

Dan akhirnya, setahun setelah rekor terakhir mereka, penantian hampir berakhir. Ada kolaborasi Lady Gaga yang akan datang, Sour Candy, di albumnya Chromatica, dan comeback bulan Juni dari grup band itu sendiri. Berkedip sangat menyenangkan. “Mereka tidak pernah mengecewakan,” kata Avril. “Nama mereka menjadi semakin besar, dan saya sangat bangga buat mereka. Mereka pantas mendapatkannya. " Niscaya materi baru akan sukses; tidak ada tempat bagi kuartet untuk pergi kecuali ke atas.

Pertanyaannya mungkin, seperti apa sebenarnya kesuksesan ini? Mungkinkah mereka akhirnya menjadi grup band K-pop pertama yang menembus barat? Ada peluang untuk diambil, tetapi itu berarti kesuksesan baru harus dimanfaatkan dan strategi lama dikaji ulang dan disempurnakan. Sekarang saatnya Blackpink benar-benar menjadi revolusi.

Dok. YG Entertainment
Dok. YG Entertainment

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun