Mohon tunggu...
Cindy Lidya Putri
Cindy Lidya Putri Mohon Tunggu... Lainnya - Business Development Research Analyst

Fan fanatik musik klasik!

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

15 Rekomendasi Lagu Natal (Tanpa Unsur Agama)

27 November 2022   16:15 Diperbarui: 27 November 2022   16:19 502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Untuk tulisan pertama, sepertinya judul tulisan saya sedikit nyentrik, ya. Natal adalah hari raya umat Kristiani (termasuk saya) merayakan lahirnya Sang Juruselamat ke dunia, namun sukacita Natal tidak hanya dinikmati oleh umat Kristiani saja. 

Jatuhnya hari raya Natal di penghujung tahun membuat semua orang ikut merasakan sensasi bahagianya, mulai dari bahagianya libur sekolah hingga bahagia karena diskon besar-besaran di setiap pusat perbelanjaan. 

Saya pernah bekerja di salah satu mall besar di Jawa Barat. Direktur saya seorang beragama non Kristen meminta untuk memutar lagu di seluruh gedung dengan tema Natal as a holiday not as a Holy Day, untuk membangkitkan atmosfer keceriaan belanja akhir tahun. 

Sebagai umat Kristiani permintaan tersebut cukup menjadi tantangan karena saya terbiasa mendengar lagu Natal dari Kidung Jemaat yang jelas mengandung ajaran agama Kristen tapi setelah melakukan pencarian, akhirnya terangkum beberapa lagu Natal yang ceria tanpa unsur agama. 

1. Jingle Bells (One Horse Open Sleigh)

Begitu memasuki bulan Desember, salah satu lagu yang otomatis kita ingat adalah Jingle Bells, bukan? Lagu yang ceria, lirik yang ringan dan singkat mampu membangkitkan semangat liburan. 

Awalnya lagu ini berjudul One Horse Open Sleigh yang berarti kereta luncur kuda tapi kemudian dirilis dengan judul Jingle Bells. Jingle Bells sendiri artinya gemerincing lonceng-lonceng. 

Penulis menceritakan betapa senangnya menyusuri salju dengan  berkendara kereta luncur kuda, bernyanyi sepanjang jalan sambil membunyikan lonceng-lonceng kecil. Jingle Bells yang dibawakan oleh Michael Buble adalah favorit saya karena tempo nya pas (tidak lambat), ceria dan tidak terlalu banyak instrumen.

2. Jingle Bells Rock

Lagu ini menurut saya adalah Jingle Bells versi modern, mungkin itu sebabnya para penulis menambahkan kata "rock" pada judul lagu. Lagu ini pertama kali dirilis pada tahun 1957 dan sampai saat ini masih menjadi salah satu lagu Natal pop terfavorit. Walaupun memiliki judul yang mirip, Jingle Bells Rock memiliki chord yang tidak sesedarhana Jingle Bells serta lirik lagu yang lebih modern.

3. All I Want for Christmas is You 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun