Mohon tunggu...
Yuanita Aja
Yuanita Aja Mohon Tunggu...

Seorang perempuan dengan mata hampir segaris yang sumringah dan suka mempertanyakan hal-hal aneh hingga dituangkan lewat untaian kata dilayar monitor :D

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jurus Ampuh Redam Amarah

6 Mei 2014   15:22 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:49 114 2 1 Mohon Tunggu...

Pernah marahkan? Semua orang tak dipungkiri pasti pernah merasa marah, entah penyampaian marahnya dengan diem, tetap stay cool dihadapan banyak orang, teriak-teriak, bahkan lebih parahnya banting apapun yang ada disekitarnya.

Apakah anda termasuk salah satu penyampaian amarah diatas? Bila iya ada solusi jitu untuk membuat emosi anda setidaknya menjadi seperti habis membuang angin, mau coba? Mari simak kelanjutan tulisan ini.

Inilah cara jitu saat amarah menghampiri :

1.Menghitung

Seringkan denger atau baca bila marah hendaklah berhitung, nah ada benernya juga lho, adapun yang dimaksud berhitung disini adalah apabila anda sedang dalam posisi marah ada baiknya berhitung 1-10, tidak usah keras-keras cukup dalam hati saja, sambil jari jemari anda dimainkan untuk mengibaratkan angka 1 hingga 10 yang anda hitung. Sambil tarik nafas dalam dan keluarkan lewat  mulut, hitungan jangan terlalu cepat pelan saja, ikuti alur nafas anda seolah sedang membuang amarah seperti buang angin.

2.Teriak di Bantal

Daripada saat marah emosi dilampiaskan dengan triak-triak ditempat umum kan malu, nanti dikira kurang waras lagi, masa udah cantik/ganteng tiba-tiba gara-gara hal yang gak di duga amarah datang dan kita seketika itu triak-triak ditempat umum untuk melampiaskan kekesalan, kan gak kece. Coba deh triak dibantal, caranya ambil bantal yang biasanya buat tidur atau bantal sofa juga bisa, tutup dimuka anda dan triaklah sepuasnya, semakin keras triakan anda usahakan bantal juga ikut rapat menutupi muka agar suara yang ditimbulkan tidak terlalu keras. Nah apabila dijalan ada baiknya ditahan dulu, nanti kalo samapi rumah atau tempat yang dituju baru cari bantal dan tempat yang nyaman untuk teriak-triak. Biar kecenya tetap terjaga.

3.Lekas Minum Air

Namanya amarah pasti selalu membuat panas jarang ada yang membuat adem. Sebaiknya bila marah telah menyapa anda, balaslah sapaan tersebut dengan meminum air dingin atau segelas air putih, dan bila anda muslim cara paling ampuh untuk meredakan amarah adalah dengan mengambil air wudhu. Sesungguhnya amarah datangnya dari setan, setan terbuat dari api, dan api padam oleh air, so… sekarang fahamkan?

4.Pendam

Cara ini kurang begitu baik si, namun bisa juga untuk mengasah kesabaran anda, apabila ada yang membuat anda marah sebaiknya tetaplah sabar, maafkan dan jangan ungkit apalagi ingat kesalahannya, anggaplah itu sebuah sinetron yang membuat anda ikut masuk dalam alunan ego sinetron tersebut, percaya deh segala sesuatunya  all is well guys..

5.Pasang Senyum

Percaya gak percaya senyum dalam keadaan segenting apapun bakal merubah mood jadi lebih baik lho, coba deh kalo kita lagi emosi tingkat dewa terhadap seseorang usahakan pasang senyum dan berusaha menertawakan diri sendiri, rumit si, tapi pada akhirnya pasti akan tertawa juga.

6.Makan/Minum

Saat marah bisa juga dilampiaskan dengan makan atau minum, makan coklat Cadbury yang abis dari pendingin, siomay, batagor, bakso atau minum es teller, jus alpukat, ah pokoknya apapun yang saat itu anda inginkan untuk dimakan atau minum pasti akan membuat sedikit perasaan lega.

7.Ngomong

Kalo anda emang brani dan gentle dalam mengungkapkan perasaan, lebih baik ketika marah langsung anda ungkapkan pada si pembuat marah, tapi inget tetep jaga kata-kata ya, karena disaat marah kadang orang tak bisa mengontrol kata-kata yang keluar dari mulutnya, usahakan tetap santun namun mengena pada orangnya dan tekankan padanya bahwa anda tak suka dan jangan diulangi lagi, endingnya memaafkan emang kebesaran hati untuk orang-orang yang hebat, karena mampu melupakan dendam dan tak mengingatnya justru malah mendoakan yang terbaik untuk si pembuat marah.

Apabila anda lakukan dengan benar salah satu saran diatas dijamin manjur kok, bisa juga menambah cara anda sendiri untuk meredam amarah, sebab tiap masing-masing individu mempunyai cara tersendiri dalam menghadapi hal apapun disetiap hidupnya.

VIDEO PILIHAN