Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

AFCON 2022: Mohamed Salah Bawa Mesir Atasi Guinea Bissau

16 Januari 2022   17:40 Diperbarui: 16 Januari 2022   17:49 455 23 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Photo: Imago7- Marca Spain

Mesir melakoni laga kedua penyisihan grup D piala Afrika kontra Guinea Bissau, ini merupakan partai penting yang harus dimenangkan oleh Moh. Salah cs jika mereka ingin berlanjut di AFCON 2022.

Mohamed Salah yang merupakan bintang yang sangat diharapkan dapat membantu negaranya untuk terus melangkah ke babak selanjutnya, akhirnya mencetak gol pertamanya dalam enam pertandingan untuk Mesir dan membawa negaranya meraih kemenangan tipis 1-0 atas Guinea Bissau di Garoua, tetapi pasukan negeri piramida tersebut  harus berterima kasih kepada VAR setelah gol penyama kedudukan Guinea-Bissau yang dicetak oleh Mama Balde dianulir secara kontroversial.

Perjuangan pemenang tujuh kali piala Afrika ini sedikit terancam, Mesir yang kalah dalam pertandingan pembuka Grup D 1-0 melawan Nigeria, berjuang keras untuk mencari gol pembuka, membentur mistar gawang tiga kali dalam permainan yang sebagian besar mereka dominasi.

Beruntung mereka memiliki Mohamed Salah, penyerang yang harus meninggalkan klubnya Liverpool yang juga sedang berjuang di liga premier. Salah memecah kebuntuan dengan golnya di 20 menit tersisa pertandingan, tendangan volinya memanfaatkan assist dari Amr el Soleya berhasil merobek jala gawang Jonas Mendez.

Penyerang Liverpool itu melakukan tendangan voli kaki kiri first time yang spektakuler dari tepi kotak enam yard yang melayang melewati tangan kiper Guinea-Bissau Jonas Mendes. Gol tunggal Salah ini sudah cukup untuk mengamankan kemenangan penting mereka di Roumd Adjia Stadium Garoua.

Di menit ke-75, Mesir punya kans untuk menambah gol, Omar Kamal Wahed mengirimkan umpan silang yang indah untuk Mostafa Mohamed alias Zizo yang menyambutnya dengan tendangan voli ke gawang tetapi sayangnya tendangan tersebut hanya mengenai tiang kiri gawang Jonas Mendez.

Meski Mesir menguasai jalannya pertandingan, namun Guinea Bissau memberi kejutan bagi skuad Mesir yang dinakhodai pelatih asal Portugal, Carlos Queiroz.  Jorginho yang masuk menggantikan Omar Ambri memberikan ancaman pertama ke gawang El-Shenawy. Jorginho menerima operan 18 meter dari gawang, berputar lalu melepaskan tembakan ke gawangyang sayangnya mengarah lurus ke arah penjaga gawang.

Selang beberapa saat kemudian, tepatnya di menit ke-82, Mama Balde ujung tombak Guinea Bissau yang bermain untuk klub ligue 1 Troyes memotong dari kiri dan melepaskan tembakan melengkung yang mulus bersarang ke sudut jauh gawang Mesir yang dikawal Mohammed El Shenawy, tetapi VAR memerintahkan wasit untuk berkonsultasi dengan monitor di pinggir lapangan, dan gol tersebut pun dianulir setelah dilakukan tinjauan monitor VAR memutuskan Balde sebelumnya telah melanggar bek Mesir Omar Kamal dan memberikan tendangan bebas untuk Mesir.

Penjaga gawang Mesir Mohamed El Shenawy harus berjibaku untuk menghadang tendangan setengah voli dari Moreto Cassama di masa injury time untuk mengamankan hasil yang membuat tim Afrika Utara itu naik ke peringkat kedua di klasemen Grup D, tiga poin di belakang Nigeria tetapi unggul dua poin dari Guinea-Bissau dan Sudan.

Mohamed Salah yang dibuat frustrasi saat melawan tim Elang Super Nigeria, kini tampil berbeda sejak awal melawan Guinea-Bissau. Mesir akan menghadapi Sudan dalam pertandingan grup terakhir mereka pada hari Rabu (19:00 GMT) meski dengan mengemas hasil imbang sudah cukup untuk mengamankan tempat kedua dalam grup, namun sebagai tim unggulaan seharusnya mereka meraih hasil maksimal, terlebih bagi Moh. Salah yang harus menunjukkan kualitasnya sebagai pemain kelas dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan