Mohon tunggu...
CHRISTOPHER CHRISTOPHER
CHRISTOPHER CHRISTOPHER Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya menyanyi dan bermain badminton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 2022

27 Oktober 2022   14:34 Diperbarui: 27 Oktober 2022   14:47 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tanggal 22 Okober 2022 kemarin, saya mengikuti Geladi Hominisasi yang dimulai dari jam 8 pagi hingga 1 siang. Sebelum mengikuti geladi ini, kami sebagai peserta diharuskan mengerjakan terlebih dahulu tugas pra geladi yang dimana kami diharuskan memilih satu video dan lalu mengerjakan soal soal yang diberikan oleh pihak panitia.

Lalu di acara geladi nya itu di buka dengan presentasi dari tim panitia. Setelah lama mendengar akhirnya kita disatukan menjadi beberapa kelompok. Di kelompok ini kami dahruskan membahas tentang tema tema yang sudah diberikan oleh panitia dan nantinya akan dipresentasikan. Kelompok saya saat itu memilih untuk mempresentasikan dengan cara podcast. Kelompok kami sudah memberikan yang terbaik saat presentasi akan tetapi masih ada yang lebih bagus dari kelompok kami dan mereka terpilih untuk presentasi di zoom utama.

Teknik presentasi nya juga diharuskaan menggunakan Teknik SWOT, dimana presentasinya lebih menuju ke strength, weakness, opportunity, dan threats. Disini kita dilatih untuk menggunakan logika kritis kita dalam menjawab setiap pertanyaan yang ada. Dengan berlogika ini, kita bisa mengukur banyak bahasan sebuah topik. Logika ini membuat kita untuk bisa berpikir HOTS (High Order Thinking Skills).

Dari geladi ini saya mendapatkan banyak sekali manfaat seperti cara berpikir kritis, cara berpresentasi yang baik, cara berkoordinasi dengan baik dalam tim, dan cara public speaking yang baik. Hal lainnya juga adalah saya semakin bisa mengenal banyak orang lewat geladi hominisasi ini.

Hal hal yang saya dapati dari geladi ini akan sangat bermanfaat bagi saya untuk kedepannya di dunia perkliahan saya. Sebagai contoh adalah untuk melakukan presentasi, untuk public speaking, dan juga untuk saya saat menjadi seorang leader di sebuah tugas perkuliahan saya nantinya. Tentunya juga akan sangat mempermudah saya dalam bekerja dalam kelompok di setiap tugas kuliah yang ada.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun