Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

"Godeungeo-gui", Marakel Bakar dengan Arang yang Dikipasi Kumakan di Pasar Namdaemun Seoul

13 Oktober 2021   10:15 Diperbarui: 13 Oktober 2021   10:20 778
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

Ikan Makarel yang popular sebagai ikan bakar di Korea. Dibakar dengan arang briket yang dikipasi, enak sekali di Pasar Namdaemun di Seoul ......

Setelah aku survey di Pasar Namdaemun tentang makan siang, hahaha ..... aku masih agak malas untuk duduk di kursi panjang di pasar, dan dempet2an dengan banyak orang.

Tidak bisa narsis, tidak bisa foto dan berisik sekali. Karena mereka berteriak2 untuk memesan dan mengkonfirm dengan apa yang mereka pesan. Dan, aku tidak bisa berbahasa Korea, yang yang aku amati, kemungkinan besar, aku dicuekin, hahaha .....

Jadi, aku mencari2 warung seperti restoran kecil yang ada di pasar tersebut, dan akhirnya aku masuk untuk memesan dan makan siangku saat itu .....

Aku sidah tertarik tentang ikan bakar yang sering dibakar di pasar itu. Baunya wangi sekali dan banyak sekaliorang pesan ikan bakar ktu, sehingga di warung itu, aku memesan ikan bakar ala Korea, dan ternyata yang viral di Korea adalah ikan Makarel .....

Godeungeo-gui adalah hidangan makarel bakar atau panggang..

Ikan bakar sangat populer dalam masakan Korea. Ikan hanya diasinkan dan dipanggang di atas api terbuka atau digoreng. Atau apapun, ikan ini bisa dimasak untuk kita.

Ikan umum lainnya untuk dipanggang termasuk jogi (croaker), galchi (beltfish), dan kkongchi (Pacific saury). Kandungan minyak yang tinggi, daging yang keras, dan rasa yang kuat dari ikan ini membuatnya optimal untuk dipanggang.

Di jaman lalu, bahkansampai sekarang, arang (briket sarang lebah) adalah bahan bakar utama untuk pemanasan dan memasak. Jika di pedesaan Korea, mereka masih memakai arang yang dibakar dan dikipas2i untuk bahan makanannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun