Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Just a survivor

Just a stroke survivor & cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Metropolitan "Kobe-shi", dengan Menara Merah sebagai Landmarknya

18 Februari 2020   12:01 Diperbarui: 18 Februari 2020   12:03 127 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Metropolitan "Kobe-shi", dengan Menara Merah sebagai Landmarknya
Ilustrasi: www.shutterstock.com

By Christie Damayanti

Bandingkan, foto kedua dengan latar belakang hutan beton sebagai kota metropolitan, bagaimana kita bisa yakin "itu adalah Kobe", jika kita tidak punya pegangannya sebagai landmark, yaitu Red Harbour Tower ini?

Kota Kobe atau Kobe-shi adalah kota ke-6 terbesar di Jepang dan ibu kota Prefektur Hyogo. Terletak di sisi selatan pulau utama Honshu, di pantai utara Teluk Osaka dan sekitar 30 km  barat dari Osaka. Dengan populasi sekitar 1,5 juta, kota ini merupakan bagian dari wilayah metropolitan Keihanshin bersama dengan Osaka dan Kyoto. Wikipedia.

Kobe adalah salah satu kota yang dibuka untuk perdagangan dengan Barat setelah berakhirnya kebijakan pengasingan tahun 1853 dan sejak itu dikenal sebagai kota pelabuhan zona kosmopolitan dan zona bebas nuklir.

Meskipun gempa bumi Great Hanshin 1995 mengurangi banyak keunggulan Kobe sebagai kota pelabuhan, itu tetap menjadi pelabuhan peti kemas tersibuk ke-4 di Jepang.

Kobe punya sebuah landmark terkenal di dunia, di area pelabuhan adalah Red Harbour Tower. Atau Ferris Wheels berada di dekat Harborland, sebuah kawasan pejalan kaki yang terkenal. Dan, 2 buah pulau buatan, Port Island dan Rokko Island, telah dibangun untuk memberikan ruang kota lebih untuk Kobe berkembang lebih baik.

Jauh dari pantai di jantung kota Kobe, terdapat distrik Motomachi dan Sannomiya, serta Chinatown Kobe, Nankinmachi, semua area ritel terkenal. Banyak jalur kereta api melintasi kota dari timur ke barat. Pusat transportasi utama adalah Stasiun Sannomiya, dengan Stasiun Kobe yang terletak di barat dan Stasiun Shinkansen Shin-Kobe di utara.

***

Kobe memang juga sebuah kota metropolitan. Begitu mobil bergerak, terasa singupnya sebuah kota metropolitan. Bas mengajak aku berputar2 dengan mobilnya. Aku memandang keluar mobil, pedestrian2 pun sama dan sebangun dengan pedestran2 di banyak kota di Jepang juga.

Artinya, apa?

Artinya adalah, Kobe juga sangat "ramah disabilitas". Aku yakin itu, karena pada dasarnya, jepang adalah Negara yang benar2 rMh disabilitas. Pembangunan merata untuk warga Jepang, termasuk warga disabilitas nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN