Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Just a survivor

Just a stroke survivor & cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

'New Madurodam' di The Hague: Miniatur Park Kebanggaan Belanda

11 September 2014   21:45 Diperbarui: 18 Juni 2015   00:58 880 0 2 Mohon Tunggu...
'New Madurodam' di The Hague: Miniatur Park Kebanggaan Belanda
14104203461059819548

By Christie Damayanti

Pintu masuk 'New Madurodam'. Ini jam 7.00 malam lho, masih seperti jam 2.00 siang saja ....., dengan langit biru dan matahari bersinar cerah .....

Sore menjelang malam sekitar jam 6.00 PM, kami diantar ke Madurodam. Sebuah kawasan bermain, seperti 'theme park', atau 'miniature park' yang cukup terkenal di dunia, menyajikan bangunan2 dan arsitektur Belanda. Sangat detail dan mengwsankan! Karena detail2 klasik itu tidak hanya cantik, tetapi sangat sulit membuatnya. Tetapi Madurodam sangat teliti mempresentasikannya, sebagai  'miniatur park' kebanggaan Belanda.

Madurodam adalah sebuah 'miniatur park' dikawasan Scheveningen Den Haag ( The Hague ) dengan perbandingan 1 : 25, cukup besar. Dibuka tahun 1952 dan tahun 2012.  Lalu, Madurodam merayakan ulang tahunnya yang ke-60.

Madurodam dinamai oleh George Maduro, seorang mahasiswa hukum Yahudi dari Curaçao yang melawan pasukan pendudukan Nazi sebagai anggota perlawanan Belanda dan meninggal di kamp konsentrasi Dachau pada 1945. Pada tahun 1946 Maduro secara anumerta dianugerahi Medali 'Knight 4' dari militer Kerajaan Orange,  militer tertinggi dan tertua di Kerajaan Belanda, untuk keberaniannya telah menunjukkan dalam Pertempuran Belanda melawan pasukan Jerman.

Cerita salah satu penjaga disana, tahun 2011 - 2012 lalu, Madurodam tertutup untuk umum karea renovasi, untuk merayakan ulang tahunnya. Banyak aspek2 baru untuk 'New Madurodam', salah satunya adalah permainan 'light show'pada malam hari, tapi saying agak susah menunggu karena di musim panas, matahari masih bersinar sampai jam 12.00 malam dan Madurodakm sendiri tutup jam 10.00 malam.

Pada tanggal 7 April 2012 Madurodam dibuka lagi untuk umum. Pembukaan resmi pada 21 April 2012 dengan mantan Ratu Beatrix.

Ini yang ke-2 kalinya aku kesana. Untukku sendiri, presentasi bangunan2 beraraitektur dunia adalah salah satu yang sangat menarik. Beberapa kali aku ke 'miniature park' dunia, di Legoland di San Diego 2x ( lihat tulisanku 'Lego' : Dunia Konstruksi dalam Dunia Fantasi Bagi Anak-Anak ), di Window of the World Senzhen China 1x ( lihat tulisanku 'Windows of The World' di Senzhen : Melihat Landmark Kota-Kota Dunia ) dan di Madurodam ini 2x. Unik, menarik dan mampu mempresentasikan negeri, budaya dan arsitektur secara bersamaan, yang pasti akan membanggakan.

Sepertinya, Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) mampu menjadi daerah wisata kebanggan bangsa. Dengan di fasilitasi fasilitas2 wisata yang kompeten serta si bangun dengan manajemen wisata dunia, aku sangat yakin bahwa TMII bisa menjangkau wisatawan2 dunia, seperti Legoland, Window of the World serta Madurodam. Sebuah 'miniature pake' Indonesia yang akan membawa nama dan kebanggaan Indonesia .....

*** Sore itu cuaca sangat baik, masih cukup dingin tapi langit biru dan matahari masih bersinar sangat cerah, seperti jam 2.00 siang saja. Padahal itu sudah hampir jam 6.30 sore. Kami hanya diberi waktu 1 jam untuk berkeliling disana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN