Mohon tunggu...
Christian Hadinata
Christian Hadinata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Coding

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

1 Oktober 2022   19:40 Diperbarui: 1 Oktober 2022   19:49 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

          Saya Christian Hadinata adalah mahasiswa jurusan teknik informatika di UNPAR. Beberapa saat ini, saya sedang mengikuti kegiatan geladi hominisasi yang diadakan oleh pihak LPH UNPAR.  Geladi hominisasi ini adalah geladi yang berhubungan dengan mata kuliah umum yang sedang saya tempuh, yaitu logika, Bahasa Indonesia, dan pendidikan kewarganegaraan. Geladi hominisasi ini bertujuan agar kita sebagai manusia, bisa menggunakan akal budi yang kita miliki untuk bisa berpikir logis dan menunjukkan tanggung jawab akan kehendak bebas yang kita miliki.

          Pada saat setelah saya mendaftarkan diri untuk ikut geladi hominisasi, saya mendapatkan tugas yang berisikan soal-soal refleksi, seperti bagian mana dari lirik Indonesia Raya yang saya rasa menarik dan hal apa yang menarik dari sebuah video mengenai keberagaman budaya yang saya pilih. Tugas pra-geladi ini mengingatkan saya kembali akan nasionalisme dan keberagaman di Indonesia. Melalui refleksi tugas tersebut, membantu saya untuk menyiapkan diri sebelum acara geladi hominisasi ini berlangsung.

          Lalu beberapa hari kemudian, geladi hominisasi pun berlangsung. Pada awal acara, pihak LPH UNPAR dan segenap panitia yang memulai acara, kembali mengingatkan kita akan apa itu geladi hominisasi dan tujuan yang ingin dicapai setelah mengikuti geladi ini. Setelah itu, kami diberi tugas untuk menyiapkan sebuah presentasi untuk ditampilkan secara kelompok dalam waktu 4 menit. Saya bergabung dengan kelompok dan berdiskusi akan tugas tersebut. 

          Kelompok saya mendapatkan tema tentang Hari Kesaktian Pancasila, yang kebetulan bertepatan dengan tanggal geladi hominisasi ini berlangsung, yaitu pada tanggal 1 Oktober. Saya dan kelompok membawakan presentasi dengan metode seperti debat, jadi kami membagi anggota kelompok kami ke dalam tim pro dan kontra mengenai peristiwa G30S, hingga melahirkan sebuah simpulan mengenai Hari Kesaktian Pancasila. Melalui tugas presentasi ini, refleksi yang saya dapatkan adalah saya menjadi belajar untuk bisa menyesuaikan diri dan bisa bekerja sama dengan baik, meskipun dengan teman yang baru saya kenal. Saya juga menjadi belajar untuk bisa percaya diri dalam berbicara dan menggunakan logika yang saya miliki untuk mampu berbahasa yang baik dan benar.

          Kita sebagai warga negara perlu menggunakan logika dan bahasa kita dengan baik, agar kita bisa pandai dalam memilih mana hal yang baik dan tidak baik untuk kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mengikuti geladi hominisasi ini saya menjadi belajar untuk bisa menjadi warga negara yang mempunyai pemikiran yang logis dan bisa bertanggung jawab akan perbuatan yang saya lakukan. Saya juga belajar untuk bisa berkomunikasi dengan baik dengan sesama dan bisa bekerja sama dengan baik.

          Kemampuan yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi hominisasi ini akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah saya dan kemampuan ini akan terus saya tingkatkan sebagai warga negara, dengan cara:

  • Selalu berpikir logis dalam keseharian saya
  • Bisa membedakan hal yang benar/tidak benar
  • Berbahasa yang benar dan bisa berkomunikasi dengan baik
  • Terus melatih kemampuan ini dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun