Mohon tunggu...
Christi Parnamita
Christi Parnamita Mohon Tunggu... Konsultan - Sharing yuk perihal Trading Forex

a wanderer, a tip of stardust

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Tips and Trick Optimalisasi Bisnis Online anda dengan SEO dan SEM

5 September 2020   16:22 Diperbarui: 5 September 2020   16:21 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

SEO dan SEM mungkin sudah sering kamu dengar, apalagi bagi kalian pegiat bisnis digital. SEO dan SEM menjadi point penting agar barang daganganmu bisa diketahui orang banyak. Eh tunggu sebentar, apa sih sebenernya SEO dan SEM itu? di artikel ini saya akan mencoba breakdown detail tentang SEO dan SEM. 

Pada dasarnya, duo maut SEO dan SEM berperan penting agar website-mu bisa mendapatkan posisi teratas di pencarian google. SEO (search engine optimalization) adalah bagian dari SEM (Search Engine Marketing). 

SEO ibaratnya adalah tombak bambu dan SEM adalah senjata yang lebih muthakir namun kamu harus mengeluarkan cost. dan Google perang laga-nya. Agar anda bisa memenangkan pertarungan, kamu harus punya Senjata yang tajam. Sama seperti agar website kamu muncul di pencarian, Kamu harus memiliki SEO dan SEM yang efektif. 

Satu perbedaan yang kentara dari SEO dan SEM adalah SEO bersifat organik dan mengandalkan strategi perbendaharaan kata kita. Sementara SEM berbayar, anda tidak perlu repot repot. Bagaimanapun, SEO menang dalam segi biaya dan juga ke-organik-an yang sebelumnya saya terangkan. SEM akan berakhir seiringnya dengan payment, namun SEO tidak karena dia tersusun organik.

Nah kira kira seperti apa SEO yang tajam dan ampuh? berikut adalah 6 langkah yang mungkin bisa kamu lakukan

1: Pelajari niche Anda. 

Sebelum menentukan pemilihan kata kunci, pelajari niche dari bisnis anda. niche adalah suatu kata yang anda pilih untuk mendeskripsikan produk anda untuk mencapai target marketing. 


2: Tentukan tujuan Anda. 

Tujuan anda adalah guideline dalam pemilihan kata kunci Niche. Dengan memastikan tujuan, akan memudahkan anda dalam memasang batasan pilihan kata. Batasan ini berfungsi menjaga anda tetap on the right path. 


3: Buat daftar topik yang relevan.

Selain Tujuan, satu lagi batasan yang dapat memperkecil lingkup kata efektif yang dapat anda pilih topik yang relevan dengan Bisnis anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun