Mohon tunggu...
Christi Parnamita
Christi Parnamita Mohon Tunggu... Sharing yuk perihal Trading Forex

a wanderer, a tip of stardust

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Memulai Sebuah Siklus Keuangan yang Baik

31 Agustus 2019   10:52 Diperbarui: 31 Agustus 2019   11:04 0 1 0 Mohon Tunggu...

Apa yang harus saya mulai untuk memulai sebuah siklus keuangan yang baik?

1.Melunasi Hutang

Karena hutang adalah hak orang lain yang sedang anda pegang. Jadikan hutang sebagai prioritas utama untuk dibayarkan. Jangan sampai terlambat membayarkan hutang, apabila hutang ini berbunga urusan akan jadi semakin runyam. 

Bunga dari hutang tersebut akan menambahkan beban tagihan anda. Pun apabila hutang tersebut adalah pinjaman kepada teman, segeralah melunasi karena kamu tidak tau kapan temanmu akan menggunakan dana tersebut.

Pos kan hutang, dan komunikasikan besaran cicilan yang akan kamu bayarkan setiap bulannya. Pos hutang ini adalah pos pertama yang akan and hampiri setiap gajian. Jangan lega dulu sebelum pos hutang bulan ini terbayarkan.

Set dan biasakaan untuk tidak berhutang apabila kebutuhan tidak mendesak. Misalkan anda menginginkan sebuah motor, sangat disarankan untuk bersabar menabung. Terlebih lagi apabila hutang yang kamu ambil bukan hutang produktif. Hutang boleh dilakukan untuk melebarkan sayap bisnis, dengan catatan kamu harus punya bussines plan dan rencana pembayaran hutang.

Contoh dari hutang yang produktif adalah kamu meminjam uang untuk membeli motor, motor itu rencananya akan digunakan untuk Ojek Online. 'bussines plan' yang bisa kamu atur adalah mengutamakan bagaimana memilih Motor yang efisien energi dan kuat, selanjutnya pastikan anda mengalokasikan pembayaran angsuran motor ini sebagai prioritas.

2. Mengumpulkan Dana Darurat

Dana darurat adalah jumlah dari total kebutuhan Akomodasi kamu setiap bulan selama jangka waktu tertentu. Standar dari jumlah Dana Darurat ini adalah 12X besaran akomodasi yang anda butuhkan setiap bulannya, semakin lebih dana darudat anda semakin baik. 

Dana darurat ini adalah dana yang digunakan untuk menopang hidupanda nanti ketika keadaan darurat; seperti contohnya apabila terjadi PHK. Anda akan membutuhkan waktu untuk menemukan pekerjaan baru. 

Selama menunggu pekerjaan baru tersebut, Anda mungkin tidak akan mendapat income. Di sini, peran dana darurat begitu penting, anda tidak akan lagi merepotkan dan menjadi beban orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2