Mohon tunggu...
Reinhard Hutabarat
Reinhard Hutabarat Mohon Tunggu... Penikmat kata dan rasa...

Seorang penulis amatir yang menyukai semua genre tulisan

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Moto GP Silverstone 2019, Rins Jinakkan Marquez di Tikungan Terakhir

26 Agustus 2019   00:24 Diperbarui: 26 Agustus 2019   00:58 0 10 3 Mohon Tunggu...
Moto GP Silverstone 2019, Rins Jinakkan Marquez di Tikungan Terakhir
Alex Rins, sumber : bmspeed7.com

Kelengahan Marquez pada detik-detik terakhir, membuatnya harus merelakan gelar juara Moto GP Silverstone 2019 jatuh ke tangan pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins.  Rins unggul hanya 0,013 detik saja dari Marquez ketika ia kemudian menyentuh garis finish!

Pada balapan Moto GP Austria minggu lalu, Marquez juga takluk dari Dovizioso pada tikungan terakhir menjelang garis finish. Ini menjadi kesalahan ganda pertama bagi Marquez, ketika ia kemudian kehilangan konsentrasi pada saat-saat yang sangat menentukan.

Balapan Moto GP Silverstone 2019 ini juga menyisahkan kisah tragis ketika pebalap Fabio Quartararo dan Dovizioso mengalami crash diawal-awal balapan. Dovi mengalami gegar otak dan sempat kehilangan memori sekitar 15 menit ketika motornya bertabrakan dengan motor Quartararo. Desmosedici GP19 itu bahkan sampai terbakar di pinggir lintasan. Sementara Quartararo sendiri tidak mengalami cedera berarti.

Selepas balapan, Quartararo menuduh Rins berbuat salah karena terlalu agresif ketika memacu motor Suzuki-nya selepas start. Menurut pebalap Perancis itu, Rins sudah berhasil menyalipnya menjelang tikungan pertama, namun di tengah tikungan pertama tersebut, ban belakang Rins selip persis di depannya. Untuk menghindari agar tidak menabrak Rins, Quartararo kemudian menutup tali gas-nya dengan agresif.

Akibatnya ban belakang Quartararo mengalami selip juga. Tak ayal Quartararo mengalami High side crash. Di belakang Quartararo ada Dovizioso yang tidak bisa berbuat apa-apa selain menabraknya. Dovi kemudian terpelanting beberapa kali diatas aspal. Dovi kemudian dilarikan ke rumah sakit Coventri dengan helicopter. Untungnya Dovi tidak mengalami cedera parah, tetapi memerlukan observasi lanjutan untuk kepalanya.

Podium Moto GP Silverstone 2019, sumber :detik.net.id
Podium Moto GP Silverstone 2019, sumber :detik.net.id
Jalannya balapan

Marquez yang sebelumnya telah melakukan pemecahan rekor laptime pada sesi kualifikasi, memulai balapan dari yang terdepan. Marquez ditemani oleh Valentino "The Doctor" Rossi dan Jack Miller di front row. Di belakang mereka ada Fabio Quartararo, Alex Rins, Maverick Vinales, Dovizioso, Morbidelli, Crutchlow dan Naakagami untuk melengkapi sepuluh pebalap terdepan.

Marquez dan Rossi langsung meluncur mulus ketika start dimulai. Seperti diceritakan diatas, Rins dari posisi lima langsung ngacir ke posisi tiga setelah melewati tikungan pertama. Sementara Quartararo dan Dovi mengalami crash  selepas tikungan pertama tersebut. Tampaknya kelenturan sasis dan settingan Suzuki GSX-RR ini "berjodoh" betul dengan karakter sirkuit Silverstone ini.

Lap 2, Marquez, Rossi dan Rins memimpin balapan

Lap 3, Rins berhasil menyalip Rossi untuk mengunci posisi dua.

Lap 4, Rins terus merapat ke Marquez. Sepertinya mesin Suzuki Inline-4 GSX-RR ini berimbang dengan mesin Honda V4 RC123V dalam melibas tikungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3