Mohon tunggu...
Ulfa Choirunnisa
Ulfa Choirunnisa Mohon Tunggu... Administrasi - choirunnas, anfauhum linnas

yakin bahwa ketetapannya adalah yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Packinglist atau Barang yang Harus Dibawa Saat Travelling untuk Bayi dan Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

1 Maret 2021   11:07 Diperbarui: 1 Maret 2021   11:22 1289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum selamat Pagi Grateful Parents...

Semoga harinya menyenangkan dan selalu diberikan kekuatan untuk bisa menjalani hari-hari yang tak mudah :). sing penting, selalu dalam lindungan dan keberkahan Nya, Aamiin...

Okey, aku terinspirasi bikin tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadiku ya, mumpung masih anget nih, cekidot nanti keburu dingin, hhe... (ngereceh dulu dikit) jadi, ceritanya aku dan keluargaku abis berkunjung ke kota sebelah, kira-kira perjalan pake mobil butuh 3-4 jaman. ini perdana banget buat kami pergi jauh dimasa pandemi bawa anak yang lagi MPASI pulak. 

beberapa hari sebelum pergi, aku mulai ngelist keperluaan yang akan dibawa dan apa yang perlu dibeli. mengingat jaraknya yang lumayan, dan kita ga mungkin balik lagi kalau ada barang ketinggalan kan? so, aku coba buat attention to detail, merhatiin banget sampe yang kecil-kecilnya. walaupun keluar kota itu kita menginap di rumah sodara sendiri, tapi sebisa mungkin untuk tidak merepotkan tuanrumahnya, yekannn?

sebelum ke packing list, aku kenalin mutiarahatiku dulu ya, panggilan kesayangannya "kakang", salam kenal buat semuanya :). dia didiagnosa dokter mengalami delay dalam perkembangan kehidupannya, sehingga dikategorikan kedalam special need karena belum bisa mandiri di usia kronologisnya yang sekarang. nah, segitu aja ya kenalannya. pasti udah pada ga sabar kan pengen buru-buru ke intinya, sok mangga di kepoin, Cekidot

tabel itu aku buat tempat checklist, supaya memudahkan aku buat menandai mana yang sudah dan mana yang belum, takut ada yang terlewat. masker dan handsanitizer nggak aku masukin list, karena sudah aku pisahkan ke daftar list kebutuhanku. sedikit aku jelasin, disini aku ngelist untuk kebutuhan selama 4 hari. disitu, ada bagian yang kosong guna memudahkan menulis barang yang kelupaan untuk ditulis. pakaian menyesuaikan selama 4 hari, ngga aku buat detail. nah untuk feeding sendiri, anakku biasa makan bubur nasi dan lauk yang aku bikin sendiri. kenapa aku ga pake yang instan? 

karena anakku baru aja move on dari bubur instan 1 bulan ini. dulu dia ga bisa banget makan bubur dan lauk yang aku bikin. sampe akhirnya Alhamdulillah, dia berhasil move on. jadi aku prepare nya bawa slow cooker buat masak bubur nasi disana. saringan bubur juga aku bawa sendiri, termasuk chopper dan kebutuhan mpasi lainnya supaya aku tenang, dan ga ngerepotin yang tuan rumah. repot dikit gapapalah ya, hehe. tapi, aku juga tetep bawa yang instan, buat jaga-jaga kalau-kalau nanti disana lagi pergi ke luar rumah. 

oh iya, aku juga bawa makanan yang sudah dimasak untuk persediaan selama beberapa hari terus kumasukin kedalam tupperware supaya labih awet. nanti kalau udah sampe, rencananya mau aku langsung masukin kulkas, dan kalau anakku mau makan, tinggal diangetin gitu. oh iya, barang yang paling penting dan ga boleh ketinggalan adalah obat. berabe banget kalau obat ketinggalan. pokonya harus lebih aware kalo soal ini. 

barang lainnya adalah mainan supaya ga bikin dia bosen sama alat bantu gendong, secara kita ga akan kuat kalo terus2an gendong tanpa alat kan bun? itu aja packinglist versi aku, mudah2an bisa ngebantu Grateful Parents buat mempersiapkan barang bawaan yang mau dibawa saat bepergian. Alhamdulillah, liburannya berjalan lancar, no drama, no rewel, dan no lupa2 barang bawaan, haha (ketawa puas). Selebihnya, dikembalikan lagi ke kondisi Grateful Parents dan anakmya, seberapa jauh perjalanannya, situasi dan kondisi tempat tujuannya, dan lain-lainnya. Semoga bermanfaat. Stay safe, stay healthy, stay strong, and stay gratefull.

Wassalamualaikum, sampe ketemu di kisah selanjutnya. bhhhhhaaaayyyyyy......

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun