Mohon tunggu...
Choirul Azimah
Choirul Azimah Mohon Tunggu... Guru - guru

hobi : menggambar kepribadian : introvert konten favorite : Lapor Pak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hakikat, Teknik, Implikasi serta Penilaian Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar

12 Desember 2022   19:30 Diperbarui: 12 Desember 2022   20:08 440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Abstrak

Metode pemberian tugas merupakan tugas atau pekerjaan yang sengaja diberikan kepada anak yang harus dilaksanakan dengan baik dengan penuh tanggung jawab dan sampai tuntas. Metode pemberian tugas dilakukan sebagai salah satu cara mengoptimalkan kemunculan masa peka anak. Satu hal yang harus diingat dalam memberikan tugas untuk anak adalah kesesuaian tugas dengan tahapan perkembangan usia anak dan tetap tidak melupakan unsur bermain seraya belajar dalam mengerjakan tugas.

Kata kunci: hakikat, implikasi, penilaian perkembangan perilaku, metode pemberian tugas

PENDAHULUAN

Bahan latihan yang diberikan kepada anak dapat diberikan dengan menggunakan metode pemberian tugas. Metode pemberian tugas merupakan tugas atau pekerjaan yang sengaja diberikan kepada anak yang harus dilaksanakan dengan baik. Tugas ini diberikan kepada anak untuk memberi kesempatan kepada mereka menyelesaikan tugas yang didasarkan pada petunjuk langsung dari pendidik yang sudah dipersiapkan sehingga anak dapat menjalani secara nyata dan melaksanakan dari awal sampai tuntas.

Tugas yang diberikan kepada anak harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Selain itu, kita juga perlu memberikan kebebasan kepada anak dalam proses pengerjaannya. Dengan kata lain, kita tidak boleh menuntut anak menyelesaikan suatu tugas dengan waktu yang sama dengan teman -- temannya yang lain. Montessori berpendapat bahwa anak memiliki siklus aktivitas (cycle of activity) atau suatu tenggang waktu yang dibutuhkan oleh anak untuk mengerjakan suatu tugas sesuai dengan tahapan perkembangannya sendiri.

Pemberian tugas kepada anak dutujukan untuk mengembangkan secara lebih optimal seluruh aspek pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak. Bagaimana hakikat metode pemberian tugas ? Bagaimana teknik pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3 -- 4 tahun melalui metode pemberian tugas ? Apa saja implikasi pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3 -- 4 tahun melalui metode tugas ? Bagaiman cara penilaian pengembangan perilaku dan kemampuan dasar melalui metode pemberian tugas ?

HAKIKAT METODE PEMBERIAN TUGAS

 

Anak usia 3 -- 4 tahun adalah pembelajar yang alami. Menurut Maria Montessori, seorang ahli pendidikan anak dari Italia, anak yang masih berada dalam ruang lingkup anak usia dini ini sedang berada dalam masa peka (sensitive period). Masa peka merupakan suatu masa yang ditandai dengan pesatnya perkembangan suatu fungsi jiwa yang dimiliki oleh anak, seperti kemampuan membaca, menulis, dan berbicara. 

Jika kita sebagai pendidik kurang memperhatikan kemunculan masa peka anak maka bukan tidak mungkin anak akan kehilangan masa emasnya untuk mempelajari sesuatu. Oleh karena itu, Montessori menekankan pentingnya peran pendidik dalam memberikan stimulasi berupa kesempatan dan bahan latihan agar dapat mengoptimalkan perkembangan pada masa peka tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun