Mohon tunggu...
Margaretha FT Tan
Margaretha FT Tan Mohon Tunggu... -

weirder.bitter.sweeter

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keamanan Mall Besar Pilih Kasih Terhadap Pengunjungnya?

6 September 2017   09:03 Diperbarui: 6 September 2017   13:21 1600
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sabtu, 02 Sept 2017, sekitar pukul 6sore, saya mengalami kejadian tidak mengenakkan didalam area Aeon Mall, BSD City.

Tas saya tiba-tiba dibuka lebar oleh orang tak dikenal dan HP saya (Xiaomi mi4) dicuri saat saya sedang mengantri pesanan di depan stand Bread Kurtos area food festival lantai 3. Saat saya melapor ke security terdekat, saya kemudian dibimbing dan dibawa untuk mendatangi meja informasi di lantai dasar untuk membuat laporan insiden, disana saya ditangani oleh CS bernama Dita.

Saat saya sedang mengisi form laporan insiden, beberapa menit berselang datang pelapor lain yang mengalami insiden kejadian yang sama dengan saya, tas beliau dibuka oleh orang tak dikenal dan HPnya, Iphone 6+, telah hilang dicuri di area lantai 2 mall. Ketika pelapor 2 tersebut melaporkan insiden yang dia alami, beberapa pihak keamanan mall segera bergerak cepat menindaklanjuti laporan beliau tersebut dan menyebar keseluruh area mall, mencari orang yang mereka curigai sebagai pencuri HP tersebut. 

Sedangkan laporan saya, lucunya dilupakan dan tidak ditangani secepat laporan pelapor 2 itu. Ketika saya dengan sedikit panik dan ketergesa-gesaan meminta untuk diperlihatkan rekaman CCTV di jam saat saya kehilangan HP, saya dipersulit, dihambat dan dihalang-halangi oleh oknum keamanan mall yang berpakaian sipil, dan dikatakan bahwa seluruh pihak keamanan mall sudah dikerahkan untuk menyisir area mall dan saya diminta untuk menunggu saja hingga mendapat update info dari pihak keamanan mall.

Tetapi, sampai dengan jam operasional mall berakhir saya tidak mendapat update informasi apapun dari pihak keamanan mall maupun dari CS yang bertugas di meja informasi, mereka terkesan seakan-akan cuek dan melupakan saya, terlihat bahwa CS Dita langsung membuang muka dan pura-pura sibuk sendiri saat dia melihat saya mendatangi dia dari jauh. Untungnya saya sempat menanyakan nomor kontak dari pelapor 2 mengingat kita mengalami insiden yang sama didalam Aeon Mall, dan informasi yang saya dapat setelah saya menghubungi pelapor 2 sangat mengejutkan saya. 

Kasus insiden pihak pelapor 2 sudah case closed sejak pukul 7 malam, dimana pelapor 2 diperlihatkan rekaman CCTV kronologis saat beliau dikuntit oleh kawanan pencuri tersebut hingga pencuri mengambil Iphone 6+ beliau dan keluar dari area mall dengan menggunakan mobil. Bahkan, pihak keamanan mall pun menawarkan bantuan pelaporan ke polisi kepada pihak pelapor 2.

Saat saya mengkonfrontasi mengenai hal ini, CS yang bertugas di meja informasi terkesan menutup-nutupi dan mengatakan bahwa kasus pencurian kami berdua (kasus saya dan kasus pelapor 2) masih dalam penanganan pihak keamanan mall, tetapi saat saya meminta untuk dipertemukan dengan kepala keamanan mall, dijawab bahwa sudah pulang karena jam operasional mall sudah berakhir.

Saya tidak mau berpikiran buruk, tetapi dengan kejadian seperti ini, seperti inikah penanganan yang diberikan oleh Aeon Mall, hanya menangani mereka yang berduit saja, terlihat jelas bahwa pihak keamanan Aeon Mall hanya bergerak cepat menangani kasus pencurian didalam area mall mereka untuk HP mahal sejenis Iphone, sedangkan kami yang membawa HP murah dan dicuri di dalam area mall hanya bisa gigit jari saja? Saya pelapor pertama yang melaporkan kejadian pencurian HP di dalam area mall, tetapi malah pihak keamanan mall menindaklanjuti laporan pelapor kedua yang datang dan melapor beberapa menit setelah saya memasukkan laporan insiden.

Sampai dengan hari ini (Rabu, 06 Sept 2017) pun tidak ada itikad baik sama sekali dari pihak Aeon Mall untuk menghubungi saya. Tidak ada closure apapun dari pihak Aeon Mall untuk saya, saya tahu HP saya sudah hilang dan tidak akan bisa ditemukan sama seperti HP milik pelapor 2 yang tidak dapat kembali juga, tetapi apakah seperti ini perlakuan yang saya dapat dari pihak Aeon Mall hanya karena HP saya yang hilang berharga "cuma 2 juta'n saja" dibandingkan dengan harga HP milik pelapor 2 yang hilang?

Bukankah saya berhak mendapatkan bantuan informasi yang sama seperti yang diterima oleh pelapor 2, mengingat saya melapor terlebih dahulu dibanding beliau? Setidaknya berilah saya informasi yang sama seperti yang diberikan pihak Aeon Mall kepada pelapor 2. Saya hanya ingin tahu apakah pelaku pencurian pada saya dan pada pelapor 2 adalah orang yang sama atau yang berbeda. 

Apabila orang yang sama, pihak Aeon Mall harus memperketat keamanan untuk pengunjungnya, karena jaringan pencurian tersebut sangat terorganisir. Tetapi bila pelaku pencurian tersebut berbeda, berarti Aeon Mall ini adalah mall sarang pencuri dimana para pencuri bisa dengan mudahnya melakukan pencurian didalam area mall dan bebas melenggang keluar masuk.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun