Mohon tunggu...
Chistofel Sanu
Chistofel Sanu Mohon Tunggu... Konsultan - Indonesia Legal and Regulation Consultant On Oil and Gas Industry

Cogito Ergo Sum II Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin II https://www.kompasiana.com/chistofelssanu5218

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Perang di Ukraina Menyoroti Kepentingan Uni Eropa

13 September 2022   21:28 Diperbarui: 13 September 2022   21:53 109 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ratu Elizabeth menyambut Liz Truss selaku Perdana Menteri Inggris yang baru,Foto Jane Barlow/Pool via REUTERS

Brussel memainkan peran kunci dalam mengisolasi Rusia. Dia telah merumuskan dan menerapkan kebijakan sanksi terpadu meskipun ada seruan publik dari beberapa politisi Eropa untuk mengakomodasi Putin.

Sebagai Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson adalah pendukung kuat Ukraina dan terlihat dalam perang melawan agresi Rusia. Dia adalah salah satu pemimpin Barat pertama yang mengunjungi Kyiv, dan dia telah mengunjungi dua kali lagi, termasuk selama minggu-minggu terakhir masa jabatannya sebagai Perdana Menteri pada 2 Agustus, Hari Kemerdekaan Ukraina di Kiev.

Ia telah memberikan dukungan militer yang besar ke Ukraina, termasuk pelatihan untuk tentara Ukraina di Inggris. Dia sangat populer di Ukraina sehingga sebuah jalan di Odessa dinamai menurut namanya, dan orang Ukraina bahkan menggabungkan "Johnson-UK" untuk mengesankan nama yang terdengar seperti orang Ukraina Borys Dzhonsonyuk.

Ukraina juga menyambut baik terpilihnya Liz Truss sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru; Dia menjanjikan untuk melanjutan dukungan Johnson untuk Ukraina dan mencatat nama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai salah satu tugas pertamanya saat menjabat.

Mengapa Brexit penting untuk mendukung Ukraina melawan Rusia?

Perdana Menteri (PM) Boris Johnson bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv, Sabtu (9/4/2022).(TWITTER via SKY NEWS) 
Perdana Menteri (PM) Boris Johnson bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv, Sabtu (9/4/2022).(TWITTER via SKY NEWS) 

semua ini terdengar bagus dari Kyiv, namun kenyataannya adalah bahwa dukungan Partai Konservatif untuk Ukraina banyak berkaitan dengan kepentingan Brexit. Saat referendum keanggotaan UE 2016 mendekati kampanye Cuti berbicara sangat tinggi tentang Perang Dunia Kedua dan Pertempuran Inggris, ketika orang-orang Inggris sendirian melawan kekuatan militer Inggris. Serangan serampangan Putin di Ukraina menyerupai invasi Hitler ke Polandia sejauh dukungan Inggris untuk Ukraina tampak seperti tahun 1939.

Selain itu, tindakan Johnson merupakan tanggapan terhadap mereka yang percaya bahwa dengan meninggalkan UE, Inggris telah kehilangan banyak kepentingan globalnya. Sebaliknya, Johnson berusaha keras untuk menunjukkan bahwa London bebas untuk mengejar kebijakan luar negerinya sendiri terlepas dari Brussel dan bahkan mendorong Barat untuk mendukung Ukraina.Faktanya, perang di Ukraina, menunjukan pentingnya Uni Eropa.

Perang Rusia-Ukraina menunjukkan mengapa UE penting

Ratu Elizabeth II menyapa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson selama audiensi di Istana Buckingham di London pusat pada 23 Juni 2021. (Dominic Lipinski / POOL / AFP) 
Ratu Elizabeth II menyapa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson selama audiensi di Istana Buckingham di London pusat pada 23 Juni 2021. (Dominic Lipinski / POOL / AFP) 

Sementara Amerika Serikat adalah pemasok senjata utama  Ukraina,  senjata modern yang sangat efektif yang digunakan Ukraina untuk menggulingkan Rusia, Brussel telah memainkan peran penting dalam mengisolasi Rusia. Dia telah merumuskan dan menerapkan kebijakan sanksi terpadu meskipun ada seruan publik dari beberapa politisi Eropa untuk mengakomodasi Putin.

Sekitar 70.000 orang berkumpul di Praha dengan bendera Rusia pada awal September, dan protes serupa terhadap sanksi diperkirakan akan meningkat saat musim dingin, inflasi meningkat dan ekonomi tumbuh. Politisi yang mendukung perdamaian dengan segala cara dapat mencapai keberhasilan pemilu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan