Mohon tunggu...
Chintia DesyUtami
Chintia DesyUtami Mohon Tunggu... Longlife Learner

Alumni Broadcasting UIN Jakarta 2017 Reporter dan Redaktur RDK FM (2018-2020) Senang memaknai hidup

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Corona Ulang Tahun, Ini Dia Kilas Baliknya!

2 Maret 2021   22:55 Diperbarui: 3 Maret 2021   01:33 95 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Corona Ulang Tahun, Ini Dia Kilas Baliknya!
Indonesia dinyatakan terinfeki Covid-19 sejak 2 Maret 2020. Sumber foto: kompas.com 

2 Maret 2021

Genap satu tahun yang lalu nih virus yang sekarang masih mewabah, dinyatakan secara resmi oleh Jokowi di Istana Negara bahwa Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) berada di Indonesia. Pasti kalian pernah, bahkan sering bertanya-tanya. Kapan sih pandemi Covid-19 ini selesai?

Well, kita semua pasti gak akan tahu juga kapan pastinya pandemi ini berakhir. Tapi nih tapi, kalian masih inget gak sih gimana kilas balik dari awal mula pandemi ini ada?

Sejarah Pandemi Covid-19

Semenjak Desember 2019, dunia telah digemparkan oleh munculnya virus bernama Corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, China.

Virus ini juga biasa disebut Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang ditetapkan sejak 11 Februari oleh World Health Organization (WHO) dan penularannya dapat terbilang sangat cepat.

Sadar gak sadar, kini berdasarkan data dari situs resmi Satgas Penanganan Covid-19 per tanggal 2 Maret 2021 sudah menyentuh angka 1,34 juta jiwa yang terinfeksi di Indonesia. Bukan hanya sebuah angka, tapi ini juga nyawa yang dipertaruhkan. Karena, gak sedikit juga nyawa hilang akibat virus yang berasal dari Wuhan ini.

Dilansir dari BBC, diperkirakan, virus ini ditularkan dari kelelawar ke spesies hewan misterius yang kemudian menularkannya kepada manusia. Menanggapi hal ini, dr. Atika menjelaskan berbagai perkiraan tersebut masih belum dapat dipastikan dan memerlukan penelitian lebih dalam. Nah, selain menjalar ke negara Indonesia. Virus ini juga menyebar ke beberapa negara seperti Jepang, Amerika Serikat, Prancis, dan Mesir.

Di Indonesia sendiri, awal mula diumumkan yaitu dua orang warga Depok yang merupakan seorang ibu dan anak, diduga tertular karena sehabis dari restoran Jakarta dan bertemu dengan orang asing yang berasal dari China.

Menolak Lupa Fakta Indonesia Menanggapi Covid-19

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x