Mohon tunggu...
Chika Azrilla
Chika Azrilla Mohon Tunggu... Mahasiswa

I'm still learning.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Strategi Media Massa Menghadapi Serangan Media Sosial

6 Mei 2021   19:47 Diperbarui: 6 Mei 2021   19:45 52 0 0 Mohon Tunggu...

Pada era ini, masyarakat dapat menyampaikan dan menerima pesan informasi melalui media sosial karena cepat dan mudah diakses. Apakah dengan bangkitnya media sosial ini menjadi ancaman yang dapat meruntuhkan media massa?

Kemajuan teknologi yang pesat dan berpindahnya persebaran informasi dari media konvensional ke media sosial juga dapat mengubah perilaku masyarakat dalam mengonsumsi informasi. Terutama untuk para generasi muda yang tumbuh besar di era yang teknologi digitalnya sudah sangat maju. Tidak sedikit media cetak (koran, tabloid, dan majalah) dan media elektronik (radio dan televisi) gulung tikar, karena di era digital ini masyarakat dapat mengakses informasi kapan saja dan di mana saja tanpa harus menunggu surat kabar diterbitkan dan berita disiarkan di radio dan TV.

Media sosial yang saat ini sudah menjadi 'normal' di kalangan masyarakat ini bersifat dua arah, berbeda dengan media konvensional yang hanya memiliki satu arah sehingga masyarakat tidak bisa berinteraksi dan mendapat  feedback secara langsung. Selain itu, di media sosial masyarakat bukan hanya menjadi konsumen tapi juga bisa menjadi produsen tanpa harus terikat dengan perusahaan pers.

Hal ini tentu menjadi ancaman bagi media massa. Maka dari itu, media massa harus membuat inovasi baru agar dapat mempertahankan eksistensinya di era digital ini. Beberapa cara atau strategi yang dapat dilakukan oleh media massa antara lain adalah sebagai berikut,

1. MERGER

Seperti yang kita ketahui merger berarti penggabungan perusahaan untuk menghasilkan usaha yang baru. Dalam media ini sudah ada beberapa perusahaan media massa yang melakukan merger dengan perusahaan media sejenis atau perusahaan media dengan paltform berbeda.

Melalui merger ini, media dapat menguasai pasar informasi. Pengiklanan juga dapat kemudahan dengan coverage yang lebih luas. Cukup memiliki hubungan dengan satu pihak, maka iklannya dapat dimuat di berbagai media yang dimiliki perusahaan media tersebut.

2. KONVERGENSI

Adanya kemajuan teknologi dapat membantu media mendistribusikan sebuah produk melalui berbagai format dan platform. Maka dari itu media massa bisa melakukan konvergensi untuk mengintegrasikan media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke sati titik tujuan, agar produk media tersebut dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas.

Dengan melakukan konvergensi produk media dapat didistribusikan ke berbagai platform seperti koran, majalah, e-paper, radio, TV, dan portal. Seorang jurnalis juga dapat mengolah satu sumber berita untuk berbagai platform yang berbeda.

3. DIVERSIFIKASI KE MEDIA SOSIAL

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN