Mohon tunggu...
Cheryna Gusya
Cheryna Gusya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa Saja Peran TIK dalam Pendidikan?

1 Desember 2021   19:45 Diperbarui: 1 Desember 2021   20:05 151 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber ilustrasi:BeritaSatu.com/Vento Saudale) 

Di zaman sekarang ini siapa sih yang gak tau TIK? Rata-rata semua orang di dunia ini menggunakan, memakai dan memanfaatkan sesuatu yang berhubungan dengan TIK dalam kehidupan sehari-harinya. Menurut kalian sendiri TIK itu apa ? seberapa pentingnya sebuah TIK itu? Oke,kali ini kita akan mempelajari tentang TIK dan pengaruhnya terhadap suatu bidang penting!

Menurut wikipedia,TIK  atau Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Dapat juga diartikan TIK adalah suatu kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi sarana/media.

Nah udah tau kan apa itu TIK? Selanjutnya kita akan  bahas apa saja peran dan kontribusi TIK dalam suatu bidang penting yaitu Pendidikan!

Modern ini sebenarnya sudah banyak kita jumpai TIK memegang peran penting dalam lingkungan pendidikan,contoh kecilnya saja yaitu di Sekolah. Meskipun belum merata tetapi sudah banyak sekolah yang menggunakan TIK untuk menunjang atau mendukung pelaksanaan pembelajaran. Berikut  beberapa manfaat penggunaan TIK di lingkungan sekolah:

1. Meningkatkan kualitas pembelajaran

Contoh penggunaan TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif.  Contohnya seperti penggunaan Komputer, Internet,Video pembelajaran,Presentasi dan masih banyak lagi.Media merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan penggunaan media yang berkaitan dengan TIK diharapkan siswa mampu lebih mudah untuk memahami serta dapat memperluas akses pembelajaran. Selain itu dengan penggunaan media bagi guru dapat mempermudah penyampaian materi pembelajaran kepada siswa.

2. Mempermudah mencari informasi

Dengan kemajuan TIK yang berkembang pesat sangat banyak sekali inovasi yang muncul untuk mempermudah siswa dalam proses pembelajaran. Siswa dapat dengan mudah untuk memperoleh bahan ilmu baik untuk sekedar dibaca atau pun untuk mengerjakan tugas. Contohnya seperti banyaknya aplikasi,rangkuman materi dan contoh soal yang sangat dibutuhkan siswa tersedia di internet dan sangat mudah untuk diakses. Dengan ini diharapkan siswa dapat memiliki ilmu serta wawasan yang luas.

3. Meningkatkan minat belajar

TIK dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif, sehingga siswa akan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Sistem pembelajaran yang berbasis multimedia atau melibatkan suara,video dan gambar lebih terasa menyenangkan terutama bagi siswa yang mudah bosan dan tidak fokus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan