Mohon tunggu...
Chelsy
Chelsy Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

4 Cara Jitu Menyelesaikan Tugas Dengan Cepat dan Bagus

11 April 2017   13:20 Diperbarui: 11 April 2017   13:41 2536 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
physician assistant boards

Sebagai mahasiswa tugas tidaklah lepas dari konsumsi sehari-hari. Apalagi untuk mahasiswa yang sudah masuk di semester akhir. Di dunia perkuliahan kamu tidak akan asing dengan dosen-dosen yang tidak segan memberimu tugas banyak dengan waktu pengumpulan yang singkat. Apalagi jika sudah masuk waktu ujian akhir semester, project dan paper pasti sudah menumpuk parah. Belom lagi jika tugas-tugas tersebut dating dari dosen yang sangat menyebalkan, tambah beratlah tugas tersebut. Kamu pun pasti pusing memikirkan cara memenuhi tuntuan dosen-dosen tersebut. Biasanya ide pertama yang terlintas di fikiran mahasiswa adalah yaudahlah ya copas ajalah ya. Copy Pastemungkin adalah jalan tercepat dan termudah dalam mengerjakan tugas yang sudah menumpuk, atau asal buat tugas yang penting jadi dan ada bahan untuk di kumpul.Tapi sebagai mahasiswa yang bermatabat masa kamu harus copy paste terus, atau bikin tugas asal yang penting jadi, atau parahnya lagi jadi plagiat? Gak lah ya.

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk para pelajar bagaimana cara mengerjakan tugas dengan cepat tanpa harus takut di cap plagiat.

expert beacon
expert beacon
1. Buat perencanaan tugas kamu

Semua tugas atau pekerjaan akan selesai dengan baik apabila dimulai dengan perencanaan yang baik. Membuat outline tugas kamu secara umum akan mempermudah kamu dalam mengerjakan sebuah tugas kamu. Semua bisa di mulai dari kapan kamu akan mengerjakan tugas kamu, waktu kosong mana yang akan kamu gunakan untuk mengerjakan tugas kamu, susunlah tugas berdasarkan wktu dikumpulkannnya dan prioritaskan tugas yang paling cepat akan di kumpulkan. Banyak mahasiswa yang sebenarnya sudah punya ide atau topik untuk mengerjakan tugas tapi tak kunjung dikerjakan Karena tidak bisa mengatur waktunya dengan baik. Setelah itu kamu harus membuat kisi-kisi tugas kamu sendiri, kalua perlu ketika dosen memberikan tugasnya kamu sudah catat point pentingnya agar bisa kamu kembangkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Setiap perencanaan pasti membutuhkan ide. Kamu tidak tau kapan ide itu muncul dan dimana ide itu akan muncul. Sering kali ide ide cemerlang itu muncul di waktu yang tak terduga, catat ide tersebut sebagai modal kamu untuk mengerjakan tugas kamu.

spark notes
spark notes
2. Singkirkan para penghalang

Seringkali tugas yang sedang kita buat tidak selesai karena ada factor lain yang membuat kita tidak focus. Problematika mahasiswa jaman sekarang adalah media social yang mereka miliki. Jika kalian sedang ingin focus mengerjakan tugas matikan lah semua notifikasi media social kalian, karena tanpa kalian sadari bermain di medsos sangatlah menghabiskan waktu dan menghilangkan niat belajar kalian.Gunakanlah koneksi internet dengan bijak, jangan tergoda untuk membuka situs-situs diluar tugas kamu. Penghalang yang paling sulit disingkirkan adalah rasa malas. Ya siapa sih yang gak malas untuk mengerjakan tugas, semua pasti merasakannya. Salah satu tips untuk menghilangkan rasa malasmu adalah dengan membulatkan niat untuk mengerjakan tugas. Ingat perasaanmu akan menjadi sangat lega apabila tugas kamu telah selesai kamu kerjakan.

123 rf
123 rf
3. Gunakan sumber yang valid

Dalam mengerjakan tugas pastinya kamu membutuhkan bahan referensi dari internet. Internet memberikan kita kases ke banyak hal, pastikan bila kamu mendapatkan sebuah fakta atau konten yang akan kamu gunakan untuk tugas kamu, kamu harus mencari tau dari mana asal fakta atau konten tersebut. Banyak juga situs-situs atau blog yang berisikan fakta-fakta palsu atau konten bacaan yang tidak jelas dari mana asal usulnya. Lebih baik kamu cari jurnal jurnal yang di publish oleh kampus di dalam atau di luar negeri yang sudah terpercaya dan berdasarkan hasil riset sebelumnya.

thing link
thing link
4. Parafrase

Terkadang Karena sangking malasnya kita mengerjakan tugas kita tidak peduli bagaimana kita mengerjakan tugas tersebut dan hanya terfikirkan yang penting selesai lalu asal melakukan copy pasteyang bisa menjerumuskan kita pada plagiarisme. Kamu pastinya sebagai mahasiswa pernah mendengar istilah paraphrase. Ya di dunia perkuliahan keahlian ini sangatnya membantu kalian dalam mengerjakan tugas. Jika kalian menemukan sebuah artikel atau jurnal yang pas dengan tugas kalian, bacalah artikel atau jurnal itu dengan seksama, pahami materi yang ada di dalamnya dengan cara mengetahui kata kunci atau kalimat penting dalam artikel atau jurnal tersebut. Kemudian tuliskan lagi dengan pemahaman dan opini kamu yang kamu tangkap dari hasil membaca kamu tadi. Pastikan kamu gak copy pastehanya untuk memenuhi atau membuat seolah olah tugas kamu terlihat banyak. Karena apabila tugas kamu terlihat banyak tapi konten yang kamu tulis tidaklah jelas atau plagiat nilai yang kamu dapat juga akan buruk.

Kira-kira seperti itulah tips yang bisa saya berikan kepada para mahasiswa diluar sana yang masih mencari cara untu mengerjakan tugas dengan baik. Ingat buang jauh jauh pemikiran yang penting tugas selesai jelek bagusnya bodo amat,ingat apa yang kamu tanam itu yang kamu terima, jika kamu tidak peduli dalam mengerjakan tugasnya bayangkan jika sang dosen juga tidak peduli dengan nilai kamu, perih bukan. Jadi semangatlah mengerjakan tugas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan