Mohon tunggu...
Charles Brahmanta
Charles Brahmanta Mohon Tunggu... Usaha sendiri, hobi nulis,aktif di media online

Dengan karya tulis saya akan diingat,melalui sebuah tulisan akan mampu mengungkap tabir kebenaran. Facebook : Charles Sandy Friz Twitter : Charles Friz IG : charlessandyfriz

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pesona dan Mitos Candi Prambanan Tak Lekang Oleh Waktu

24 Januari 2018   01:11 Diperbarui: 24 Januari 2018   01:20 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pesona dan Mitos Candi Prambanan Tak Lekang Oleh Waktu
Candi Prambanan, dokpri

Begitu banyak tempat wisata di Yogya yang wajjb untuk di kunjungi. Kebetulan beberapa hari yang lalu saya berkempatan untuk berlibur ke Kota Yogya. Jadi moment tersebut harus di gunakan sebaik-baiknya  untuk mengujungi tempat wisata yang ada di Yogya dan sekitarnya. Salah satunya adalah Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia. Ketika sampai di Candi Prambanan suasana terik matahari cukup panas sehingga sempat ada perasaan masuk tidak ya? Karena penasaran akan kompleks Candi Prambanan pasca gempa di yogya seperti apa?

Pemugaran Candi, dokpri
Pemugaran Candi, dokpri
Oh ya sebelum masuk ke kompleks Candi Prambanan jangan lupa beli tiket ya.

Pengunjung Candi Prambanan, dokpri
Pengunjung Candi Prambanan, dokpri
Akhirnya masuk juga ke dalam Candi Prambanan  hari itu begitu banyak pengunjung bisa jadi karena bertepatan dengan hari libur.

Rerentuhan Candi Perwara, dokpri
Rerentuhan Candi Perwara, dokpri
Konon Candi Prambanan mempunyai mitos bagi yang sedang berpacaran di larang berkunjung apabila nekad bisa berakibat putus. Ini bisa jadi terkait legenda Roro Jonggrang yang mana  minta di buatkan seribu candi dalam semalam bila Bandung Bondowoso mau menikahinya. Dan Bandung Bondowoso menyanggupi dengan di bantu banyak jin untuk melancarkan pembangunan seribu Candi.

Namun tanpa di duga Roro Jonggrang mengkhinati perjanjian tersebut dengan bermain curang lalu Bandung Bondowoso menjadi marah. Dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap Candi ke seribu. Selain itu Bandung Bondowoso juga mengutuk seluruh gadis yang membantu Roro Jonggrang akan menikah di usia lanjut.

Candi Prambanan, dokpri
Candi Prambanan, dokpri
Mengenai kebenaran mitos tersebut sulit di buktikan cuma banyak masyarakat yang mempercayai. Tapi menurut cerita dari warga  banyak yang melarang pasangan kekasih untuk berkunjung ke Candi Prambanan karena di yakini dapat merenggangkan hubungan mereka. Dapat di katakan Candi Prambanan dibangun pada abad ke 9 masehi yang di persembahkan untuk Trimurti yaitu Brahma, Wishnu, dan Siwa.

Pengunjung sedang berfoto,dokpri
Pengunjung sedang berfoto,dokpri
Selain itu Candi Prambanan merupakan situs Warisan Dunia Unesco.

Pengunjung Candi Prambanan, dokpri
Pengunjung Candi Prambanan, dokpri
Kompleks Candi Prambanan begitu luas di dalamnya terdapat antara lain Taman yang begitu luas, reruntuhan Candi Perwara,Museum Prambanan dll. Cuma ada pemandangan unik ketika kita bosan melihat Candi  berikut sejarahnya yang panjang mata kita bisa di alihkan untuk melihat penakaran hewan rusa.

Penakaran rusa Candi Prambanan, dokrip
Penakaran rusa Candi Prambanan, dokrip
Ada pun jumlah rusanya cukup banyak dan pengunjung bebas memberi makan. Khusus hari libur pengunjung bisa berfoto bersama beberapa orang yang menggunakan pakaian ala Keraton. Terlepas dari mitos apa pun pesona dari Candi Prambanan selalu menarik bagi wisatawan untuk berkunjung.  Untuk itu lah sudah seharusnya kita mampu menjaga dan merawat warisan budaya Bangsa.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x