Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Badai Cedera Menerjang, Ginting dan Jojo Ikut Tersapu, Indonesia Sisakan 2 Wakil di Semifinal

23 Oktober 2021   11:09 Diperbarui: 23 Oktober 2021   11:13 220 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jonatan Christie pun dibekap cedera setelah sukses bersama Indonesia di Piala Thomas 2020: AFP/CLAUS FISKER

Badai cedera terus menerjang. Tim Indonesia pun tak bisa mengelak. Kini, Indonesia hanya menyisakan dua wakil di babak semifinal Denmark Open 2021.

Padatnya jadwal turnamen bulu tangkis akhirnya memakan banyak korban. Rentetan turnamen yang digelar belakangan ini memaksa para pemain harus menjalani pertandingan tanpa memiliki jeda waktu istirahat yang cukup.

Dampak pandemi Covid-19 terasa juga di sektor badminton. Dalam dua tahun terakhir berbagai turnamen terpaksa dibatalkan dan beberapa di antaranya diagendakan ulang. Salah satunya adalah Piala Thomas dan Piala Uber 2020 yang sedianya digelar di tahun genap.

Waktu pelaksanaan kejuaraan beregu itu digeser hingga tahun ini dan dilaksanakan berdekatan dengan Piala Sudirman 2021, turnamen beregu campuran yang memang selalu digelar di tahun ganjil.

Dimulai dari Piala Sudirman di Energia Areena, Vantaa, Finlandia sejak 26 September hingga 3 Oktober. Sepekan berselang para pemain harus terbang ke Ceres Arena, Aarhus, Denmark untuk menjalani Piala Thomas dan Uber yang dimulai 9-17 Oktober.

Selepas dua turnamen beregu itu, para pemain yang ingin berpartisipasi di Denmark Open 2021 langsung bergerak ke  Odense, sekitar dua jam perjalanan darat dari Aarhus. Tak ada jeda bagi mereka untuk sekadar memulihkan tenaga. Denmark Open 2021 digelar tepat 19 Oktober hingga 24 Oktober 2021 nanti.

Bisa dipahami mengapa sejumlah pemain kemudian mengalami cedera. Waktu istirahat yang minim di satu sisi serta agenda pertandingan yang seakan tanpa jeda akhirnya membuat para pemain tak kuasa bertahan mengatasi kelelahan.

Fisik terkuras dan mental pun ikut terpengaruh. Hanya yang berfisik super prima dan bermental baja bisa melewati serangkaian turnamen itu. Tapi pada akhirnya, semua akan bertekuk lutut pada kondisi fisik.

Sejak Piala Thomas dan Uber 2020 beberapa pemain sudah harus mengundurkan diri. Status retired atau walkover disempatkan kepada Michelle Li (tunggal putri/Kanada), Saina Nehwal (tunggal putri/India), Delphine Delrue/Lea Palermo (ganda putri/Prancis), Jenica Lesourd (tunggal putra/Tahiti), Ratchanok Intanon (tunggal putri/Thailand), Shi Yuqi (tunggal putra/China), hingga pemain belia Indonesia, Nandini Putri Arumni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan