Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Suka membaca, menulis, berolahraga, berjejaring dan berbagi kebaikan.

Untuk sesuatu yang tidak dapat dikatakan, aku harus mengatakannya!!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Denis ‘Mark Robins’ Cheryshev dan Kemenangan Perdana Neville

14 Februari 2016   06:52 Diperbarui: 14 Februari 2016   08:28 178 2 1 Mohon Tunggu...

[caption caption="Gambar Daily Mail.co.uk"][/caption]Entah apa yang ada di pikiran Gary Neville saat ini. Tentu saja, raut kebahagiaan tengah menyelimuti mantan bintang Manchester United itu. Sejak mengambil kepercayaan sebagai pelatih Valencia pada Desember 2015, Neville baru kali ini merasakan kemenangan. Kemenangan perdana setelah menjalani 12 pertandingan ini semakin istimewa karena diukir di kandang, di hadapan para pendukung yang nyaris habis kesabarannya, di Stadion Mestalla, Minggu (14/02/16) dini hari WIB.

Niat menang sudah ditekadkan Neville setelah dipermalukan Barcelona di semifinal Copa del Rey. Kalah telak, dengan agregat akhir 2-8 membuat hati Neville semakin hancur dan kepercayaan para fans Los Che padanya tinggal sepersekian mili tipisnya dan kasak kusuk rumor manajemen segera mencari pengganti kian gencar. Dengan kesabaran dan ketenangan yang tersisa, Neville berusaha menguatkan diri dan meyakinkan para fans dan para pemainnya, bahwa akhir pekan ini akan menjadi berbeda. Neville mematok kemenangan sebagai harga mati.

Menjamu Espanyol, Neville menurunkan formasi andalan 4-2-3-1 dengan Paco Alcacer sebagai tumpuan. Sofiane Feghouli, Rodrigo dan pemain yang dibuang Real Madrid, Denis Cheryshev membantu dari lini kedua.

Pola serangan dan agresivitas permainan Valencia terlihat sejak babak pertama. Bahkan tuan rumah jelas menguasai pertandingan. Namun serangan yang dibangun para pemain tuan rumah gagal menciptakan peluang berarti. Tak heran babak pertama berakhir dengan skor kaca mata.

Memasuki babak kedua, tim tamu bermain lebih taktis. Di pinggir lapangan Neville terlihat semakin tak kuasa menahan emosi apalagi setelah Oscar Duarte berhasil memperdaya kiper Valencia usai memanfaatkan umpan Burgui.

Tak habis akal, tak mau patah arang, mungkin sudah semakin mafhum konsekuensi menjadi pelatih dan kian terbiasa setelah melakoni 12 laga tanpa kemenangan, Neville melakukan pergantian, membidik lini serang demi mengejar defisit gol. Ia memasukan pemain senior Alvaro Negredo menggantikan Rodrigo.

Tak mau kalah tim tamu pun merespon beberapa menit kemudian dengan memperkuat barisan belakang. Lini pertahanan Espanyol mendapat suntikan tenaga baru dari Victor Sanchez, mengisi tempat Felipe Caicedo.

Masuknya Negredo memberi banyak perubahan. Dengan pengalamannya di timnas Spanyol, pemain 30 tahun itu pun menjawab harapan dan kepercayaan Neville di menit ke-71.

Gol yang dicetak Negredo menjadi penyemangat bagi rekan-rekannya. Tak butuh waktu lama, lima menit berselang, euforia publik Mestalla pecah setelah Cheryshev dengan tenang menuntaskan umpan terobosan Feghouli. Gol winger muda Rusia di menit ke-76 itu membuat arus serangan tuan rumah semakin meningkat. Penguasaan bola Valencia yang mencapai 58 persen akhirnya terbayar dengan kemenangan ini.

Berakhirnya puasa kemenangan mengandung banyak arti bagi Neville. Neville bisa lebih tenang menatap laga-laga berikutnya dan tak lagi risau dibayangi zona degradasi tim dan posisinya dari kursi pelatih. Kini Los Che naik ke peringkat ke-11 dengan mengumpulkan total 28 poin dan berjarak tujuh poin dari Athletic Bilbao di tempat keenam, slot terakhir zona Eropa.

"Denis Cherishev adalah Mark Robins untuk Spanyol. Selamat Neville", demikian celetuk Jamie Carragher, mantan bek legendaris Liverpool.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN