Mohon tunggu...
Charisa Sheralyne
Charisa Sheralyne Mohon Tunggu... Freelancer - Hi everyone, my name is Charisa.

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Digital Vs Media Analog

21 September 2021   15:31 Diperbarui: 22 September 2021   14:19 51 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kamu mungkin sudah sangat terbiasa dengan berbagai media digital yang dapat kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. Dulu, sebelum munculnya media digital, orang-orang menggunakan media analog lho untuk menyebarkan informasi. 

Nah, sekarang seperti apa sih perbedaan media analog dan media digital?..

Pengguna internet pastinya sudah tidak asing dengan laman web online. Dalam laman web online kamu tidak hanya bisa menikmati konten yang mereka sajikan, tetapi kamu juga bisa ikut berinteraksi didalamnya. 

Hal inilah yang menjadi perbedaan terbesar antara media cetak dan media online. Media cetak yang bersifat statis cenderung hanya bisa menjadi media komunikasi satu arah, tepatnya hanya bisa memberikan informasi kepada pembaca tanpa menerima tanggapan langsung dari pembaca. 

Selain itu, media digital juga sudah tidak bersifat hierarki dan linear seperti media cetak. Inilah yang memudahkan pembaca lebih mudah menentukan mana informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Berdasarkan Carroll (2010, h. 23-24) dalam bukunya yang berjudul "Writing For Digital Media", penulis tetap memiliki peran penting dalam media digital, yaitu sebagai:

1. Komunikator Pesan

Menyampaikan pesan atau informasi dengan provokatif, cerdas, lucu, menarik, atau bahkan mendalam.

2. Pengatur Informasi

Penulis harus mampu menentukan mana informasi yang penting dan tidak penting untuk disampaikan kepada pembaca. Alangkah lebih baik jika, penulis membantu pembaca dengan mengurutkan rangkaian informasi.

3. Penerjemah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan