Mohon tunggu...
Charirotul Lathifa
Charirotul Lathifa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Memasak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosio Emosional pada Masa Kanak-kanak Tengah dan Akhir

5 Desember 2022   04:50 Diperbarui: 5 Desember 2022   04:50 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan emosi dan kepribadian memiliki banyak aspek. Pada diri sendiri, masa kanak-kanak tengah dan akhir, memiliki penonjolan dalam diri internal, diri sosial, dan diri yang diperbandingkan secara sosial. Perubahan-perubahan dalam emosi dapat menyangkut pemahaman emosiseperti malu dan bangga, mendeteksi bahwa lebih dari sebuah emosi yang dialami pada situasi khusus, memeprtimbangkan lingkungan yang mengiring pada reaksi emosional, memperbaiki dalam menekan dan mengungkap emosi negatif, ketika usia kanak-kanak bertambah, mereka akan menggunakan strategi dalam penganggulangan masalah dan strategi kognitif yang lebih banyak. 

Ketika mulai memasuki kelas dasar, anak mengekspresikan ide-ide objektif mengenai keadilan dan terdapat minat yang besar terhadap kepribadian moral. Metode yang dapat diterapkan pada usia kanak-kanak tengah dan akhir yaitu, ceramah, tanya jawab, pemecahan masalah atau diskusi, praktikum pemberian, CAL (computer assisted learning), dan kombinasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun