Mohon tunggu...
Chandra Halim
Chandra Halim Mohon Tunggu... Fresh Graduate

🛰️ Geopolitics Enthusiast | 🎖️ Military Enthusiast | 🚆 Public Transportation Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Uji Endurance KRL Buatan INKA Kembali Berlanjut di Jabodetabek

9 Agustus 2025   23:40 Diperbarui: 9 Agustus 2025   23:37 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KRL INKA seri iE305 dengan nomor CLI-225.1000 saat berangkat dari Stasiun Depok menuju Jakarta di Jalur 1 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

PT Industri Kereta Api (INKA) dan KAI Commuter kembali melaksanakan uji endurance untuk rangkaian perdana KRL seri iE305 atau CLI-225, yaitu Trainset 1 (unit CLI-225.1000), di lintas Commuter Line Jabodetabek pada 9 Agustus 2025.
Pengujian ini merupakan bagian dari tahapan penting untuk memastikan kinerja dan keamanan rangkaian sebelum resmi melayani penumpang.

Sejak kedatangannya di Depo KRL Depok, CLI-225.1000 telah beberapa kali menjalani uji endurance, termasuk pada 7 dan 9 Agustus ini. Meski hari ini disebut-sebut sebagai salah satu tahap akhir, belum ada konfirmasi resmi dari KAI Commuter maupun PT INKA apakah ini benar merupakan hari terakhir pengujian. Jadwal dinas perdana rangkaian ini pun masih belum diumumkan.

Sejarah Pengadaan & Polemik 2023

Proyek KRL iE305 bermula dari kontrak pengadaan yang ditandatangani pada 9 Maret 2023 antara KAI Commuter dan PT INKA untuk 16 rangkaian atau 192 unit, dengan pengiriman bertahap 2025--2027. Rangkaian pertama rampung Maret 2025, menjalani uji awal di pabrik INKA Madiun, lalu dikirim ke Depo KRL Depok.

Sebelum menjalani uji endurance, KRL ini sempat tampil di publik pada 22 April 2025 dalam perayaan 100 tahun KRL di Indonesia di Stasiun Jakarta Kota. Dalam acara tersebut, KRL buatan INKA ini hadir berdampingan dengan KRL buatan CRRC asal Tiongkok seri SFC120-V (kode KAI Commuter CLI-125), memperlihatkan dua wajah baru armada Commuter Line yang akan memperkuat layanan di Jabodetabek.

Pengadaan KRL ini lahir dari polemik awal 2023, ketika rencana impor 348 unit KRL bekas Jepang dibatalkan setelah mendapat penolakan dari Kementerian Perindustrian serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Pemerintah mendorong produksi dalam negeri, yang akhirnya diwujudkan lewat pemesanan KRL baru ke INKA, rekondisi armada lama, dan sebagian impor dari Tiongkok.

Spesifikasi KRL iE305

  • Formasi: 12 kereta per rangkaian

  • Kapasitas: 51 kursi (untuk kereta kabin), 52 kursi (untuk kereta penggerak atau motor), 44 kursi (untuk kereta tanpa berpenggerak)

  • Dimensi: Panjang 20 m, lebar 3 m, tinggi 3,985 m

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
    Lihat Inovasi Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun