Mohon tunggu...
Rul Umanailo
Rul Umanailo Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Sociology

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

AGAMA DALAM IDENTITAS

19 Juni 2015   00:42 Diperbarui: 20 Juni 2015   02:42 548
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

 

AGAMA DALAM IDENTITAS

oleh : Chairul Basrun Umanailo

085243002500: chairulbasrun@gmail.com

 

Bangsa Indonesia kembali dikejutkan dengan kolom, kolom dalam baris Kartu Tanda Penduduk yang mengisyaratkan agama bagi setiap pemiliknya. perdebatan terus berlanjut dan tidak bisa dihentikan atas nama perdamaian. Sebab musabab dari perdebatan yang panjang adalah ketika Menteri Dalam Negeri (Cahyo Kumolo) melemparkan wacana penghapusan kolom agama dalam KTP sebagai keberpihakan pada kaum minoritas di Indoensia.

Dalam tulisan ini pun saya tidak membela pada siapa yang benar, semurni logika saya berpikir bahwa agama merupakan identitas kultural dan sangat sensitif ketika pemaknaan terhadap agama itu sendiri harus bertentangan. Pada waktu negara ini dibangun, sadar atau tidak agama lah yang kemudian menjadi katalisator, identitas para pendahulu kita bahkan Founding Father selalu terdepan dalam berkecampuk dengan berbagai situasi penguasaan kalonialisasi. Sebut Saja Agus Salim, dengan percaya dirinya hingga ke Negeri Belanda tetap menggunakan sarung sebagai identitas Islamnya yang kuat dan itupun tidak menjadi masalah dalam berdiplomasi atau bernegara pada saat itu.

Dalam beberapa kutipan yang coba saya rangkum, seraya ingin memahami apa itu konsep agama? kembali kita mempertanyakan agama pada titik awal dimana kesadaran anda maupun saya masih berada pada tataran “mencari”. Seorang filosof berkembangsaan Pakistan, Sir DR Mohammad Iqbal, menulis bahwa sebenarnya “agama” itu merupakan suatu pernyataan utuh dari manusia (Damani 2002). Menurut hendro puspito agama adalah suatu jenis sistem sosial yang di buat oleh penganut-penganut nya yang berproses pada kekuatan-kekuatan non empiris yang di percayainya dan di daya gunakan nya untuk mencapai keselamatan bagi mereka dan masyarakat luas umum nya (B.R Wilson). Lain lagi ketika Emile Durkheim seorang Sosiolog yang menyatakan bahwa agama merupakan proyeksi pengalaman sosial.

Agama merupakan bentuk kesadaran manusia yang termanifestasi pada suatu kultur dimana manusia awalnya terpasung karena keturunan dan membuat kemungkinan untuk berubah seiring pembentukan kesadarannya. Kesadaran terbentuk oleh dan dari dirinya sendiri. Menurut Berger, manusia secara ontogenetis dilahirkan dalam bentuk kedirian yang “belum selesai”. Keberadaannya di-dunia, dengan demikian, merupakan proses untuk “menjadi manusia”. Manusia, dalam konteks tersebut, secara terus-menerus melakukan proses eksternalisasi diri. Ia selama proses tersebut mencurahkan makna-makna ke dalam realitas (Irfan Noor). Maka Agama menjadi sebuah cerminan bagi setiap individu dalam keseharian yang berhadapan dengan realitas sosial. Apa yang saya anggap sebagai “terpasung” merupakan bagian keberhinggaan yang sering di temukan dalam kajiannya Peter L Berger.

Maka ketika seseorang tidak mampu mengurai keterpasungannya dalam realitas sosial sulit baginya untuk hidup selayaknya individu yang mampu melepaskan keterpasungannya itu. Hal ini terkait dengan identitas yang ketika dalam pertukaran simbolik menjadi modal utama dalam berinteraksi. Kultur budaya kita memiliki unsur pemaksa, anda akan sulit bereksistensi ketika harus berhadapan dengan kelompok yang secara Sosiologis memiliki homogenitas. Dan hasil dari situasi seperti ini adalah anomaly. Agama merupakan instrument penyusun keteraturan sosial, agama mempolarisasi masyarakat pada tiap-tiap diferensiasi dengan berbagai aturan serta norma yang ditetapkan.

Agama dalam identitas merupakan penanda bahwa eksistensi agama sebagai katalisator kehidupan manusia itu jelas sangat berarti. Seluruh agama memiliki aturan jelas serta orientasi dan perilaku dalam menjalankan agama pun sudah ditetapkan. Artinya agama mempolarisasikan individu sesuai tujuan agama itu sendiri. Dan ketika seseorang memilih untuk memeluk salah satu agama tentunya memiliki argumentasi yang kuat, seperti misalnya rasa nyaman, jati diri serta perlindungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun