Mohon tunggu...
MADIA JANIDA
MADIA JANIDA Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sekilas Perjalanan Karierku Menjalani Tugas Mulia

20 Juni 2015   15:32 Diperbarui: 23 Juni 2015   21:42 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

             Pada bulan Juli 1992, tepat tahun ajaran baru itulah awal langkah ku jadi seorang guru, sesuai pendidikan yang ku ampuh yaitu FKIP. Saya menjadi guru honorer di SMP PGRI 5 Ketapang, setelah  bulan mengajar, saya ditawari untuk menjadi guru honorer di SMP Negeri 1 Ketapang, karena di sekolahan tersebut kurang guru matematika. Maka mulailah saya mengajar di SMPN 1 Ketapang. Setelah empat tahun mengajar di 2 sekolah, tahun, saya ditawari lagi untuk mengajar di MTsN K etapang juga sebagai honorer, itupun saya terima, karena saya perfikir untuk mencari pengalam sebanyak-banyaknya. Perlu rekan seperjuang ketahui penghasilan saya di SMP PGRI per-bulan Rp 10.000,- dengan mengajar 6 jam pelajaran per-minggu, sedangkan di SMPN1 per-bulan Rp 36.000,- dengan mengajar per-minggu 18 jam pelajaran, sedangkan di MTsN Ketapang Rp 45.000,- dengan mengajar 18 jam pelajaran per-minggu.

            Dari tahun 1992 – 1997, saya telah 7 kali mengikuti tes PNS, satu kali di lingkungan DEPAG. Namun keberuntungan belum berpihak pada saya, saya selalu gagal. Dan pada tahun 1997, saya ikut tes jadi guru kontrak angkatan pertama yang diadakan DikBud bekerjasama dengan Bank Dunia, Alhamdulillah saya lulus dan ditempat tugaskan di SMP Negeri 5 Ketapang, kecamatan matan hilir utara, kira-kira 50km dari kota ketapang. Dengan penghasilan Alhamdulillah perbulan Rp 250.000,-, dengan suka cita tugas tsb saya jalani bersama rekan-rekan yang rata-rata tinggal di kota Ketapang. Kami berangkat dari rumah pukul 05.30,  kadang naik angkot, kadang jg naik bis dengan biaya perjalana PP Rp 5.000 perhari.

            Alhamdulillah, Allah mengabulkan doa saya, pada tahun 2002 tepatnya bulan desember, saya lulus sabagai PNS, dengan tempat tugas Kecamatan Melano, desa Sungai Mate-mate, kira-kira 120 km dari kota ketapang ( sekarang menjadi wilayah Kabupaten Kayong Utara ). Saya mulai menjalankan tugas bulan Pebruari, karena harus menyelesaikan tanggung jawab  saya di SMPN 5 Ketapang terlebih dahulu. Saya tugas di SMPN 2 Mate-Mate kurang lebih 2,5 tahun, kemudian pindah ke SMPN 2 Matan Hilir Selatan pada bulan Juli 2005, dan pada bulan Januari 2010 saya pindah tugas di SMPN1 Ketapang sampailah sekarang. Jadi saya tugas di SMPN2 MHS kurang lebih 5 tahun. Demikianlah rekan-rekan perjalanan karier saya, semoga saya tidak dipindahkan tugas lagi sampai saya pensiun, amin.

           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun