Mohon tunggu...
Christian Evan Chandra
Christian Evan Chandra Mohon Tunggu... Penulis - Analis aktuaria - pemilik blog IDE ASLI CEVAN

Memiliki kegemaran seputar dunia kuliner, pariwisata, teknologi, motorsport, dan kepenulisan. Saat ini menulis di Kompasiana, Mojok, dan officialcevanideas.wordpress.com. IG: @cevan_321 / Twitter: @official_cevan / Email: cevan7005@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Penting dan Menariknya Investasi Saham

18 Mei 2022   21:30 Diperbarui: 18 Mei 2022   21:45 210 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Investasi saham (Pixabay/@mohamed_hassan)

Kita tentu memahami konsep menabung sejak kecil. Sebagai pendahuluan, tentunya kita diarahkan untuk menyimpan uang tersebut dalam bentuk rekening tabungan perbankan untuk mempersiapkan dana darurat.

Masalahnya, suku bunga biasanya kecil dan tidak mampu melawan pelemahan daya beli uang akibat inflasi. Banyak potensi cuan yang bisa dilirik, tetapi kita perlu memperhatikan modal yang dimiliki. Belum lagi bagaimana kita bisa mengelola investasi tersebut, apakah aktif atau pasif, juga barang fisik atau sekadar investasi online?

Pilihan paling ideal untuk menjawab semua pertanyaan di atas adalah investasi saham. Likuiditasnya cukup mumpuni karena bisa dijual di hari dan jam kerja. 

Modal investasinya tidak besar, saham bisa dibeli per kelipatan seratus lembar dan harga per lembarnya mulai dari Rp50. Harga saham cenderung naik dalam jangka panjang selama bisnis emitennya bagus dan keuntungan besar bisa datang dalam jangka pendek alias SFAST.

Analisis saham (Instagram/@sfast.official)
Analisis saham (Instagram/@sfast.official)

Pengelolaannya pun cukup mudah. Jika tertarik meramu strategi sendiri sambil meraup cuan dari perdagangan jangka pendek, investasi online dari ponsel pintar atau komputer bisa dilakukan selama memiliki waktu luang dan tidak mengganggu pekerjaan sehari-hari. 

Yang penting, kita tetap harus mengedepankan akal sehat dan berhati-hati, baik secara teknikal maupun fundamental.

Jadilah investor cerdas (Instagram/@sfast.official)
Jadilah investor cerdas (Instagram/@sfast.official)

Dengan demikian, pengetahuan yang luas dan kematangan psikologi menjadi penting. Berkomunitas sebagai investor saham itu baik, tetapi jangan sampai terjun ke komunitas yang salah atau mudah terpengaruh oleh perkataan anggota yang lain. Ingin cepat kaya dengan jalur instan diiringi emosi yang tidak stabil dan takut kalah update alias FOMO berisiko menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, tersedia alternatif untuk mengandalkan reksadana. Manajer investasi akan mengelola dana untuk melindungi nilainya dan menghasilkan keuntungan. Meskipun demikian, kita masih memiliki kontrol terhadap saham apa yang akan diinvestasikan ketika memilih jenis reksadana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan