Mohon tunggu...
Cetakers
Cetakers Mohon Tunggu... Desainer - Hi, Find me !!

Apa aja bisa

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Belanja Online Beresiko? Pahami Caranya Agar Belanja Online Selalu Aman

28 Agustus 2021   10:30 Diperbarui: 28 Agustus 2021   10:31 94 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Belanja online adalah pilihan terbaik, selain menghemat tenaga dan waktu, keamanan diri juga terjaga di masa seperti sekarang ini . Apa saja yang harus diperhatikan agar belanja online tetap aman dan nyaman?

1.            Cari Situs Belanja Online Resmi

Cari dan pilih situs belanja online yang resmi sehingga dapat dipercaya. Cari info pada website atau platform toko tersebut. Penting untuk membaca ulasan pada toko jadi kamu bisa tahu reputasi toko tersebut.

2.            Hati-hati Dengan Harga Diskon

Pernah melihat penawaran produk online yang bagus dan terlihat berkualitas tinggi, tetapi harga sangat murah dan diskonnya tidak masuk akal? Tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang toko tersebut, karena bisa jadi akun tersebut menipu.

3.            Cek Sebelum Membayar

Periksa tujuan pembayaran toko online tersebut. Apabila  diminta untuk melakukan pembayaran pribadi dan keluar dari ketentuan yang tertera di website atau marketplace pilihan kamu, lebih baik segera meninggalkan keinginan melanjutkan belanjamu di toko tersebut.

4.            Simpan Bukti Transaksi

Lewat cara apapun kamu melakukan belanja online, jangan lupa untuk tetap menyimpan bukti transaksimu ya.

5.            Hilangkan Jejak

Jangan buang kemasan bekas paketmu begitu saja. Rusak, hancurkan atau apapun caranya kamu harus hapus jejak informasimu yang masih tertempel di kemasan , karena akan sangat beresiko semua informasimu akan disalahgunakan oleh orang untuk tindak kejahatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan