Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Lifter Indonesia Kejar Tiket Olimpiade dalam Kejuaraan Dunia di Houston

16 November 2015   15:34 Diperbarui: 16 November 2015   15:34 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cabang angkat besi merupakan salah satu olahraga andalan Indonesia di kancah internasional. Sejak tahun 2000 hingga tahun 2012, angkat besi tak pernah putus menyumbangkan medali buat Indonesia dalam ajang Olimpiade. Selain itu, lifter Indonesia pernah juga menjadi juara dunia. 

Mulai tanggal 20 November mendatang, sebanyak 13 lifter Indonesia bakal tampil dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi yang diadakan di kota Houston, Amerika Serikat. Kejuaraan Dunia Angkat Besi tahun ini juga dijadikan sebagai ajang kualifikasi Olimpiade 2016 Rio De Janeiro. 

13 lifter Indonesia yang tampil di Kejuaraan Dunia merupakan lifter-lifter terbaik yang dimiliki oleh Indonesia saat ini. Ke-13 lifter tersebut sebelumnya sudah menjalani latihan intensif di China selama beberapa minggu. 

Ada delapan lifter putra Indonesia yang akan tampil  Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2015, yaitu Muhamad Purkon (kelas 56 kg), Surahmat bin Suwito Wijoyo (56 kg), Eko Yuli Irawan (62 kg), Muhamad Hasbi (62 kg), Deni (69 kg), I Ketut Ariana (69 kg), Triyatno (77 kg), Imam Jamaludin (85 kg). 

Eko Yuli Irawan, Triyatno dan Muhamad Purkon bakal jadi andalan utama Indonesia untuk mendulang medali di sektor putra. Eko Yuli Irawan pada Kejuaraan Dunia tahun lalu meraih medali perak di kelas 62 kilogram. Persiapan Eko Yuli menghadapi Kejuaraan Dunia Angkat Besi tahun ini sudah cukup baik, karena bulan September silam Eko Yuli sukses meraih medali perak dalam Grand Prix IWF di Fuzhou. 

Triyatno pada Olimpiade 2012 di London, sukses meraih medali perak. Triyatno pernah juga menyabet medali perunggu di kelas 69 kilogram dalam Kejuaraan Dunia tahun 2009 dan 2010. Dalam Kejuaraan Dunia tahun ini, Triyatno bakal tampil di kelas 77 kilogram. Muhamad Purkon bakal jadi lifter andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia tahun 2015, setelah dirinya sukses meraih emas dalam Grand Prix IWF di Fuzhou. 

Sementara itu, di sektor putri ada lima lifter Indonesia yang akan tampil di Kejuaraan Dunia, yaitu Sri Wahyuni Agustiani (48 kg), Syarah Anggraini (53 kg), Dewi Safitri (53 kg), Ni Luh Sinta Darmariani (63 kg), Diah Ayu Permatasari (69 kg). 

Sri Wahyuni Agustiani dan Syarah Anggraini bakal jadi lifter putri andalan utama Indonesia untuk mendulang medali. Setahun silam Sri Wahyuni Agustiani tampil fantastis menyabet dua medali emas dan satu perak di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior. Sedangkan Syarah Anggraini menyabet tiga medali perunggu di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2014. 

Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2015 mulai dibuka tanggal 20 November, dan akan berakhir tanggal 29 November. Ada 15 kelas yang bakal dipertandingkan dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2015. 

(foto: Sri Wahyuni Agustiani/ sumber: Tempo.co)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun