Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Lookman Menawan Antarkan Atalanta Juara Liga Europa

23 Mei 2024   04:58 Diperbarui: 23 Mei 2024   13:05 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penampilan menawan Ademola Lookman mengakhiri penantian panjang Atalanta untuk merasakan kembali titel juara.

Lookman tampil luar biasa mencetak hattrick gol buat Atalanta dalam final Liga Europa melawan Bayer Leverkusen di Aviva Stadium, Dublin.

Ini adalah gelar juara kedua buat klub Atalanta Bergamo yang didirikan sejak 1907. Atalanta sebelumnya hanya pernah sekali merasakan trofi juara Coppa Italia pada tahun 1963.

Gelar juara Atalanta di Liga Europa terasa lebih spesial, karena di final berhasil menaklukkan Bayer Leverkusen yang sebelumnya tidak terkalahkan dalam 51 pertandingan pada musim ini. 

Leverkusen yang baru saja membuat rekor tak terkalahkan dalam satu musim di Bundesliga Jerman, gagal mewujudkan prestasi istimewa treble juara. 


Rekor tak terkalahkan Leverkusen terputus/sumber gambar:UEFA.com
Rekor tak terkalahkan Leverkusen terputus/sumber gambar:UEFA.com

Gian Piero Gasperini akhirnya berhasil meraih gelar juara perdananya setelah puluhan tahun berkarier menjadi manajer klub. Gasperini sebelumnya tiga kali gagal mengantar Atalanta juara dalam pertandingan final Coppa Italia 2019, 2021, dan 2024. 

kegembiraan Gian Piero Gasperini dan pemilik klub Atalanta(kanan)/sumber gambar: UEFA.com
kegembiraan Gian Piero Gasperini dan pemilik klub Atalanta(kanan)/sumber gambar: UEFA.com

Gelar juara Atalanta di Liga Europa 2023-2024 menjadi paripurna, karena di babak knock-out sukses menyingkirkan dua klub eks juara Liga Champions Eropa (Liverpool dan Marseille), serta menaklukkan juara Liga Jerman dan Portugal musim ini (Leverkusen dan Sporting Lisbon).

Keberhasilan Atalanta memenangkan final di Dublin sekaligus mengakhiri penantian lama klub-klub Italia yang sudah 25 tahun tak pernah lagi jadi pemenang Liga Europa setelah Parma menjadi juara pada musim 1998-1999.

Sekilas Pertandingan Final Liga Europa 2024 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun