Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

15 Tahun Dimodali Sultan Dubai, Manchester City Akhirnya Menjadi Penguasa Eropa

11 Juni 2023   07:43 Diperbarui: 12 Juni 2023   10:12 599
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain dan pelatih Manchester City rayakan gelar juara Champions League/ foto: UEFA com

Pemain, tim pelatih, suporter, dan juga pemodal Manchester City saat ini sedang merasakan kebahagiaan tak terkira.

Manchester City sah menjadi penguasa di Eropa setelah dalam pertandingan final Liga Champions 2023 di Istanbul menang 1-0 atas Inter Milan.

Terwujud sudah ambisi tinggi yang dinanti Sheikh Mansour selama belasan tahun untuk membawa Manchester City sebagai penguasa kompetisi sepak bola Eropa.

Manchester City masih di divisi dua kompetisi domestik, ketika Manchester United merajai panggung sepak bola Inggris dan Eropa dengan pencapaian treble winners di tahun 1999.

Man. City promosi ke English Premier League pada awal musim 2000/2001, namun terdegradasi di akhir musim. Ironisnya, Manchester United juara EPL di musim yang sama.

Kemudian, Manchester City promosi kembali ke EPL pada musim 2002/2003, dan rutin menghuni papan tengah atau papan bawah klasemen kompetisi tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

Nasib Manchester City berubah total ketika konglomerat Sheikh Mansour mengambil alih kepemilikan melalui perusahaan Abu Dhabi United Group (ADUG) pada September 2008.

Sheikh Mansour tersenyum melihat kesuksesan City juara Liga Champions di Istanbul/ foto: goal.com
Sheikh Mansour tersenyum melihat kesuksesan City juara Liga Champions di Istanbul/ foto: goal.com

Sheikh Mansour, orang super kaya ya g berpengaruh di Timur Tengah, lalu mempercayai tangan kanannya Khaldoon Khalifa Al Mubarak untuk mengurus Manchester City. 

Uang ratusan juta Pound digelontorkan oleh ADUG untuk membeli pemain-pemain bintang top dunia, sebagai bagian membangun Manchester City yang waktu itu masih tim kelas medioker. City juga merekrut pelatih top Roberto Mancini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun