Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Artikel Utama

Syabda Perkasa, Pahlawan Kemenangan Indonesia di Piala Thomas yang Tak Terkalahkan Jelang Akhir Hayat

20 Maret 2023   12:33 Diperbarui: 21 Maret 2023   10:08 1357
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Momen Syabda Perkasa merayakan kemenangan di Piala Thomas 2022/ Antara Foto- M. Risyal Hidayat, via Kompas.com

Syabda Perkasa Belawa yang menjalani debut pertandingan di Piala Thomas, berhasil memastikan kemenangan Indonesia setelah sempat menjalani pertandingan sulit kontra Lee Yun Gyu. 

Syabda menang dengan skor 21-14, 11-21, 21-16. Padahal Syabda Perkasa sempat tertinggal jauh 7-12 dari Gyu di set ketiga.

Kemenangan heroik Syabda Perkasa Belawa membantu regu Thomas Indonesia menjadi juara grup A, dan terus melaju hingga ke pertandingan final hingga akhirnya Indonesia kalah oleh regu India.

Setelah tampil impresif di Piala Thomas 2022, melesat naik karier Syabda Perkasa yang bergabung ke pelatnas PBSI sejak 2018, seangkatan dengan Christian Adinata dan Ikhsan Leonardo Rumbay. 

Syabda Perkasa sukses menjadi juara turnamen Lithuanian International Future Series di bulan Juni 2022, lalu juara Malaysian International Series pada bulan November 2022.

Pada bulan Januari 2023, Syabda Perkasa sukses menjadi pemenang turnamen Fajr International Challenge di Iran. Ini adalah turnamen terakhir yang dimainkannya. Syabda tak terkalahkan di tahun 2023 dengan rekor menang 6-0.

Syabda Perkasa Belawa juara di turnamen terakhir yang diikutinya Fajr International Challenge/ foto: PBSI
Syabda Perkasa Belawa juara di turnamen terakhir yang diikutinya Fajr International Challenge/ foto: PBSI

Serangkaian hasil bagus tersebut membuat ranking dunia Syabda Perkasa melesat ke urutan 90. Ketika Syabda melakukan debut di Piala Thomas, ranking dunianya masih di posisi 636. 

Syabda Perkasa seharusnya tampil di turnamen Ruichang China Masters sepanjang pekan lalu, tapi batal berangkat karena kendala visa. 

Nama Syabda Perkasa juga sudah terdaftar untuk mengikuti turnamen Osaka International Challenge di Jepang yang akan dimulai tanggal 29 Maret 2023. Namun, takdir berkata lain, Syabda Perkasa Belawa telah dipanggil menghadap Yang Kuasa. 

Turut berdukacita untuk Syabda Perkasa Belawa dan keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun