Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Menghitung Peluang Jojo dan Chico Ciptakan All Indonesian Final di Istora Senayan

27 Januari 2023   23:51 Diperbarui: 28 Januari 2023   00:42 579
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo di podium Kejuaraan Asia 2022/foto: PBSI 

Lebih banyak pemain tuan rumah Indonesia yang tersisih di perempat final dibandingkan yang berhasil tembus babak semifinal Indonesia Masters 2023. 

Enam wakil Indonesia gagal ke semifinal. Hanya tiga wakil tuan rumah yang menang di perempat final.

Momen yang paling bikin nelangsa badminton mania Indonesia terjadi pada sore hari. 

Apriyani Rahayu/Siti Fadia, Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja, Gregoria Mariska, berbarengan main di lapangan 1, 2, dan 3 Istora Senayan. Semuanya menang di set pertama, tapi ditumbangkan lawan di set kedua dan ketiga. 

Asa Indonesia untuk meraih juara kini bertumpu kepada Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang berpeluang wujudkan All Indonesian Final. Dan kepada duet Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di nomor ganda putra.

Mari kita hitung seberapa besar peluang Jojo dan Chico menciptakan All Indonesian Finals di nomor tunggal putra. 

Dan bagaimana peluang Leo/Daniel di semifinal menghadapi juara dunia ganda putra asal Jepang.

Jonatan Christie Vs. Shi Yuqi

Perjalanan Jonatan Christie mencapai semifinal Indonesia Masters agak terseok-seok. Jojo harus bermain rubber set ketika mengalahkan Nhat Nguyen dan Lakhsya Sen. 

Jojo menang dua set langsung saat berhadapan dengan sesama pemain pelatnas PBSI, Shesar Hiren Rhustavito.

Beda halnya dengan Shi Yuqi yang tampil mantap menuju semifinal Indonesian Masters 2023. Shi Yuqi tidak pernah kehilangan set saat menghadapi lawan tangguh sekelas Kento Momota, Anthony Ginting, dan Lu Guangzu.

Shi Yuqi sedang on fire di Indonesia Masters 2023/ foto: bolasport.com
Shi Yuqi sedang on fire di Indonesia Masters 2023/ foto: bolasport.com

Shi Yuqi sepertinya sudah menemukan kembali bentuk permainan terbaik sepanjang tampil di Indonesia Masters. Di sisi lain performa Jonatan Christie masih tidak stabil. 

Jonatan Christie adalah pemain yang lengkap secara skill permainan. Tapi kontrol emosinya masih labil ketika menghadapi pemain lawan yang ulet di lapangan. 

Satu hal yang bakal menguntungkan bagi Jojo adalah dukungan besar dari penonton yang memadati Istora Senayan.

Jonatan Christie sudah pernah dua kali mengalahkan Shi Yuqi di Istora Senayan. 

Kemenangan pertama Jojo atas Yuqi di Istora Senayan pada babak kedua ajang Asian Games 2018. 

Jojo saat itu taklukkan Shi Yuqi yang merupakan unggulan pertama, secara rubber set 21-19, 19-21, 21-17. Jonatan Christie kemudian sukses merebut medali emas tunggal putra Asian Games 2018. 

Jonatan Christie juara Asian Games 2018/ foto: Tribunnews.com
Jonatan Christie juara Asian Games 2018/ foto: Tribunnews.com

Jonatan Christie kemudian menaklukkan Shi Yuqi di Istora pada babak kedua Indonesia Masters 2019. Kali ini Jojo menang secara meyakinkan dengan skor 22-20, 21-6. 

Shi Yuqi mampu membuat revans di Olimpiade Tokyo. Yuqi menang mutlak di babak 16 besar dengan skor 21-11, 21-9. 

Itulah pertemuan terakhir antara kedua pemain. Jonatan Christie sementara unggul 5-4 dalam pertemuan dengan Shi Yuqi.

Duel kesepuluh Jonatan Christie versus Shi Yuqi dijadwalkan sebagai pertandingan kedua semifinal Indonesia Masters 2023 di lapangan 1 Istora Senayan. 

Chico Aura Dwi Wardoyo Vs. Ng Ka Long Angus

Chico Aura Dwi Wardoyo enam bulan lalu mengejutkan pecinta bulu tangkis Indonesia. Dia secara tak terduga sukses meraih juara Malaysia Masters setelah di final mengalahkan pemain Hong Kong, Ng Ka Long Angus. 

Chico Aura Dwi Wardoyo juara Malaysia Masters 2022/ foto: PBSI 
Chico Aura Dwi Wardoyo juara Malaysia Masters 2022/ foto: PBSI 

Prestasi Chico turun drastis setelah juara Malaysia Masters. Pebulutangkis asal Papua tersebut mentok di babak-babak awal dalam 9 turnamen yang diikutinya.

Kisah tak jauh berbeda dialami oleh Ng Ka Long Angus. Dia tak pernah mampu melewati babak kedua dalam 8 turnamen sesudah menjadi finalis Malaysia Masters.

Chico dan Angus kini berhasil bangkit di ajang Indonesia Masters. Keduanya akan bertarung memperebutkan satu tempat di babak final. 

Chico memiliki kemampuan jump smash yang mumpuni dan footwork yang lincah. Tapi, dia lemah dalam permainan netting dan backhand defense. 

Sedangkan Ng Ka Long Angus punya stamina yang bagus dan ulet di dalam permainan, walau footwork kurang lincah. 

Ng Ka Long Angus/ foto: bwfbadminton.com
Ng Ka Long Angus/ foto: bwfbadminton.com

Secara kualitas permainan, Chico sedikit lebih baik dibandingkan Angus. Tapi Angus pemain berpengalaman yang juga pernah dua kali mengalahkan Chico. 

Duel keempat Chico kontra Angus, dijadwalkan sebagai pertandingan kelima semifinal Indonesia Masters 2023 di lapangan 1 Istora Senayan. 

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi Vs. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Prestasi Leo/Daniel langsung anjlok sesudah menjadi juara Singapore Open di bulan Juli 2022. Mereka nyaris selalu tersingkir di babak awal dalam enam turnamen berikutnya. 

Daniel Marthin dan Leo Rolly Carnando ketika juara Singapore Open 2022/ foto: PBSI 
Daniel Marthin dan Leo Rolly Carnando ketika juara Singapore Open 2022/ foto: PBSI 

Tak banyak yang menduga jika Leo/Daniel dapat melaju jauh hingga ke semifinal Indonesia Masters 2023. 

Karena hasil undian jadwal di babak awal, Leo/Daniel sudah bertemu dua pasangan gaek mantan juara dunia, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di babak semifinal akan menghadapi mantan juara dunia ganda putra lainnya. Yakni pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Hoki/Kobayashi sedang dalam penurunan performa sebelum tampil di Indonesia Masters. 

Juara dunia ganda putra tahun 2021 tersebut tak pernah mampu mencapai babak semifinal setelah menjadi pemenang Malaysia Open di bulan Juli 2022.

Sewaktu dalam performa menurun itu, Hoki/Kobayashi sempat dikalahkan oleh Leo/Daniel di babak pertama Japan Open. 

Hoki/Kobayashi kemudian melakukan revans, mengalahkan Leo/Daniel di babak kedua Hylo Open 2022. 

Penampilan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi sangat mantap hingga perempat final Indonesia Masters, sama sekali tidak pernah kehilangan set dari lawan. Mulus gaya main mereka yang eksplosif.

Takuro Hoki dan Yugo Kobayashi/foto: bwfbadninton.com
Takuro Hoki dan Yugo Kobayashi/foto: bwfbadninton.com

Jika Hoki/Kobayashi sedang dalam permainan terbaik, cukup sulit bagi Leo/Daniel untuk memenangkan pertandingan. 

Butuh ekstra kesabaran dan defense yang kuat untuk meladeni permainan Hoki/Kobayashi.

Duel ketiga antara Takuro Hoki/Yugo Kobayashi versus Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, direncanakan sebagai pertandingan kedelapan semifinal Indonesia Masters 2023. 

Berikut jadwal lengkap pertandingan semifinal Indonesia Masters 2023.

sumber: bwfbadminton.com
sumber: bwfbadminton.com

sumber: bwfbadminton.com
sumber: bwfbadminton.com
sumber: bwfbadminton.com
sumber: bwfbadminton.com

sumber: bwfbadminton.com
sumber: bwfbadminton.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun